mayoritas difokuskan pada penataan taman
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan (Pemkot Jaksel) melakukan penataan kawasan di delapan lokasi Kecamatan Setiabudi melalui perbaikan sarana dan prasarana warga.

"Kami melakukan penataan di delapan kelurahan mengikuti arahan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono," kata Camat Setiabudi Iswahyudi saat dihubungi di Jakarta, Jumat.

Delapan lokasi tersebut mayoritas difokuskan pada penataan taman seperti  di Jalan Setiabudi 1 Kelurahan Setiabudi; Jalan Muria RW 04, 05, dan 12 Kelurahan Menteng Atas; dan Kelurahan Pasar Manggis.

Kemudian juga  di Jalan Kawi RW 02 Kelurahan Guntur; Jalan Karet Gusuran RW 07 Kelurahan Karet; dan Jalan Karet Sawah 1 RW 03 Kelurahan Karet Semanggi.

Penataan taman ini meliputi pemasangan paving, penambahan bangku taman, menanam tanaman hijau, dan pengecatan fasilitas dengan tujuan sebagai ruang interaksi dan ruang terbuka hijau (RTH) bagi warga.

Sedangkan, di Kelurahan Karet Kuningan, Jalan Denpasar samping Kedutaan Besar Malaysia dilakukan penataan eks kawasan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Dalam penataan  ini, pihaknya mendata berapa pelaku usaha di lokasi, menertibkan parkir kendaraan, membuat marka perparkiran dan menggandeng program tanggung jawab sosial atau corporate social responsibility (CSR), partisipasi pelaku usaha, serta sektor-sektor terkait.

Lebih lanjut, Kelurahan Kuningan Timur di RW 01 Mega Kuningan dilakukan penataan pedestrian agar pejalan kaki dengan mudah dan nyaman beraktivitas.

Harapan Iswahyudi, penataan kawasan ini bisa tepat sasaran dan selesai sesuai target yang direncanakan.

"Target selesainya pada akhir bulan Desember 2022," ujarnya.

Adapun dana untuk melakukan penataan kawasan ini merupakan swadaya tanpa anggaran atau sukarela dari pihak kecamatan, kelurahan, dan warga setempat.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022