Jakarta (ANTARA) -
Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo optimistis kepemimpinan Laksamana TNI Yudo Margono sebagai Panglima TNI akan meningkatkan sinergitas dan soliditas TNI dan Polri.
 
"Sinergitas TNI-Polri ini ditunggu masyarakat dan kami tunjukkan TNI-Polri menjaga dan mengawal masyarakat, bangsa dan negara," kata Sigit dalam keterangan tertulis usai mendampingi mendampingi Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono untuk menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon Panglima TNI di Gedung Nusantara II DPR, Jakarta, Jumat.
 
Jenderal bintang empat itu menekankan, sinergitas dan soliditas sangat penting, apalagi saat ini memasuki tahun politik, sehingga yang namanya stabilitas kamtibmas, keamanan masyarakat, keamanan negara, kedaulatan negara, kedaulatan pemerintah menjadi penting.
 
Terlebih, kata dia, sinergitas dan soliditas TNI-Polri membawa dampak stabilitas politik terkendali dan ini menjadi modal bagi Indonesia untuk menghadapi situasi global yang penuh dengan ketidakpastian
 
"Dengan semangat soliditas dan sinergitas yang ada, kita harapkan Indonesia akan menjadi lebih baik," katanya.

Baca juga: Komisi I setujui Laksamana Yudo jadi Panglima TNI

Baca juga: Laksamana Yudo janji wujudkan prajurit TNI tidak arogan pada rakyat
 
Terkait pencalonan Laksamana Yudo Margono, mantan Kabareskrim itu meyakini, Laksamana Yudo menjadi sosok yang pantas dan berkompeten menjadi Panglima TNI.
 
Menurut dia, Laksamana Yudo telah memiliki program-program kerja yang disiapkan sesuai tupoksi nya masing-masing.
 
Bahkan, kata dia, Polri akan meningkatkan kegiatan bersama TNI dalam rangka memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat melalui sinergitas dan soliditas TNI-Polri.
 
"Ada kegiatan bersama yang kami tingkatkan dan ini menjadi komitmen kami untuk diperbaiki pada setiap event, dimana TNI-Polri dibutuhkan bersama," ujarnya.

Baca juga: Kapolri dampingi Yudo uji kelayakan sebagai bentuk soliditas TNI-Polri
 
Sebelumnya, Yudo datang ke Gedung DPR RI untuk menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon Panglima TNI, Jakarta, Jumat.
 
Ia turun dari mobil yang ditumpanginya bersama rombongan di halaman Gedung Nusantara II DPR sekira pukul 13.08 WIB.
 
Selain didampingi Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, Yudo tampak didampingi pula oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman dan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, bersama perwira tinggi lainnya.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2022