Masuk musim penghujan ini, penting untuk terus meningkatkan kewaspadaan
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan (Pemkot Jaksel) menggelar kegiatan gerebek jentik nyamuk di RW 03, Kelurahan Ragunan yang menjadi bagian dalam program pemberantasan sarang nyamuk (PSN) guna mencegah penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

"Masuk musim penghujan ini, penting untuk terus meningkatkan kewaspadaan, dalam memperhatikan sisa genangan air yang berpotensi menjadi sumber jentik nyamuk," kata Lurah Ragunan Nurcahya  di Jakarta, Jumat.

Nurcahya menjelaskan untuk jadwal kegiatan pembersihan sarang nyamuk hari ini berlokasi di  RT 9/ RW 03.

Menurut Nurcahya kegiatan ini juga dimonitor  tingkat kecamatan yang selalu berkeliling pada kegiatan PSN yang ada di kelurahan

Berdasarkan catatan dari Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) sampai Minggu ke-36, jumlah kumulatif kasus konfirmasi DBD dari Januari 2022 dilaporkan sebanyak 87.501 kasus (IR 31,38/100.000 penduduk) dan 816 kematian (CFR 0,93 persen).

Secara umum peningkatan kasus DBD paling banyak terjadi pada golongan umur 14-44 tahun sebanyak 38,96 persen dan 5-14 tahun sebanyak 35,61 persen.

Selain melakukan PSN, kelurahan Ragunan juga melakukan penanaman pohon.

Menurut Nurcahya, setiap kesempatan PSN dan kerja bakti, pihaknya selalu mengimbau kepada para pengurus RW untuk menyertakan kegiatan menanam pohon sebagai bentuk penghijauan.

"Jadi selain kita mengadakan kegiatan pemberantasan sarang nyamuk, kita juga melakukan kegiatan penanaman pohon sesuai dengan arahan dari Pemprov DKI Jakarta," ujar Nurcahya.
Baca juga: Pemkot Jaktim imbau warga waspadai DBD saat musim hujan
Baca juga: Jakarta Selatan gerebek jentik untuk cegah DBD
Baca juga: Pemkot Jaktim lakukan PSN untuk antisipasi DBD di Duren Sawit

Pewarta: Yoanita Hastryka Djohan
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022