Bali (ANTARA) - Raffi Ahmad dan dan Atta Halilintar meramaikan upacara pembukaan kejuaraan esport dunia IESF Bali 14th World Esports Championship 2022 yang digelar di Merusaka, Nusa Dua, Bali, Jumat.

Mereka diundang memasuki panggung utama arena pertandingan oleh pemandu acara, dan menyapa para undangan yang datang, termasuk tamu VIP di antaranya Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora RI) Zainudin Amali, Ketua Harian Pengurus Besar Esports Indonesia Bambang Sunarwibowo dan Presiden Federasi Esport Internasional (IESF) Vlad Marinescu.

"Kita sangat mendukung IESF Bali 14th World Esports Championship 2022. Harus kita sukseskan karena Indonesia punya atlet," kata Raffi, pemilik klub esport RANS Esport.

Pernyataan tersebut ditimpali oleh Atta, yang juga memiliki klub esport AHHA PS Pati. "Di Indonesia pemain esport ada lebih dari 100 juta," ujar Atta, menambahkan bahwa saat ini industri esport telah berjalan dengan sangat baik di Indonesia.

Upacara pembukaan IESF Bali 14th World Esports Championship 2022 dimulai sekira pukul 19.34 WITA dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia. Kemudian, tiga maskot kejuaraan dunia esport yang mewakili tiga elemen bumi, yakni tanah, air dan udara, menyapa hadirin.

Baca juga: Dibuka malam ini, berikut jadwal pertandingan kejuaraan dunia esport

Musisi Tanah Air Alffy Rev, juga Wizzy dan Ecko, kemudian memanaskan panggung dengan membawa unsur tradisional tarian Bali di dalamnya, termasuk lagu "Bagimu Negeri."

IESF Bali 14th World Esports Championship 2022 akan berlangsung hingga 11 Desember 2022.

Kejuaraan esport tersebut mempertandingkan enam jenis game yaitu Tekken 7, DOTA 2, Mobile Legends: Bang Bang, PUBG Mobile, eFootball 2022 dan CS:GO. Khusus untuk CS:GO akan mempertandingkan kategori CS:GO Male dan CS:GO Female.

Sebanyak 105 negara hadir dalam ajang internasional tersebut, dengan lebih dari 1.100 partisipan, termasuk di dalamnya 700 pemain dari berbagai belahan dunia.

Kejuaraan dunia esport tersebut dibarengi dengan Indonesia Esport Summit 2022, yang rencananya menjadi ajang tahunan PB ESI, bagi penggerak industri esport untuk memamerkan produk mereka, mulai dari game lokal hingga brand teknologi.

Baca juga: Federasi esport internasional puji pelaksanaan kejuaraan dunia di Bali
Baca juga: Atlet esport berbagai negara tiba di arena kejuaraan dunia Bali

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022