Proses mulai dari awal kami penanaman itu kurang lebih 80 hari
Jakarta (ANTARA) - Pusat Pembekalan Angkutan Angkatan Darat (Pusbekangad) menyelenggarakan panen raya ribuan batang jagung di lahan Batalyon Perbekalan Angkutan 3/Darat (Yon Bekang 3/Rat), Kecamatan Senen, Jakarta Pusat dalam upaya memperkuat ketahanan pangan di Ibu Kota.

Komandan Batalyon 3 Bekang Darat, Letkol Bobby Wijayanto mengatakan panen sebanyak 2.097  batang jagung itu  berada di atas lahan seluas 2.000 meter persegi.

"Kita memanfaatkan lahan produktif dan kita mewujudkan program ketahanan pangan atas arahan Kepala Staf TNI AD Jenderal TNI Dudung Abdurachman," kata Bobby Wijayanto di Jakarta, Jumat.

Bobby mengatakan hasil panen dari 2.097 batang jagung menghasilkan 900 sampai 1.000 kilogram jagung.

"Proses mulai dari awal kami penanaman itu kurang lebih 80 hari," ungkapnya.

Dalam hal ini, panen raya jagung ini adalah program ketahanan pangan TNI Angkatan Darat. Ia juga mengatakan kegiatan ini dilakukan secara rutin kedepannya.

Sementara, untuk menjaga agar jagung tersebut tumbuh sehat terdapat lima sampai sepuluh anggota Yon Bekang 3/Rat yang diturunkan setiap hari untuk melakukan perawatan.

"Dengan 80 hari tanam, orang yang mengawal ini kita bagi kurang lebih dari 5 sampai 10 orang," ucapnya.

Bobby menjelaskan panen jagung ini merupakan panen pertama yang dilakukan. Nantinya hasil panen ini akan kita bagi-bagikan ke warga sekitar.

"Selain itu jagung ini kita akan jadikan produk olahan, usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) dan bisa dicoba gratis," tuturnya.

Bobby menuturkan nantinya selain jagung, akan ditanam singkong dan ubi.

"Akan rutin kami laksanakan reboisasi dan tanam ulang, bisa ubi, singkong bukan jagung saja. Nanti juga kami akan budidaya lobster air tawar juga," imbuhnya.
Baca juga: SMAN 13 Jakarta membuat kebun di atap masjid sekolah
Baca juga: Kementan dukung pengembangan hulu-hilir anggur tingkat komunitas
Baca juga: Warga RW 02 Cilangkap panen 100 kg kangkung hasil pertanian kota

Pewarta: Ulfa Jainita
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022