Balap Sepeda

Bernard Benyamin van Aert juarai Etape I Tour de Siak

Bernard Benyamin van Aert  juarai Etape I Tour de Siak

Pebalap Nasional Bernard Benyamin van Aert finish pertama pada Etape I Tou de Siak. Pada iven wisata olahraga ini dia memperkuat Tim BSP Riau. (ANTARA/Bayu Agustari Adha)

Siak, (ANTARA) - Pebalap nasional Indonesia, Bernard Benyamin Van Aert dari Tim Bumi Siak Pusako (BSP) Riau menjadi yang tercepat pada Etape I "Siak City Race" Tour de Siak, Provinsi Riau dengan catatan waktu 1 jam, 48 menit, 55 detik.

Menyusul di posisi kedua rekan satu tim Bernard Benyamin Van Aert, Muhammad Andi Royan dengan waktu 1 jam 49 menit, 1 detik. Sedangkan pada posisi ketiga diraih juga oleh tim dari Indonesia, Barley Oktavian Nugroho dari DR. J Cycling Team yang membukukan waktu 1 jam, 49 menit, 3 detik.

Balapan Etape I dimulai dari Istana Assereyah Al Hasyimiah atau Istana Siak sebanyak lima putaran sepanjang 85 kilometer. Pada lap kedua sudah terjadi "breakaway" atau para pebalap sudah terpisah.

Ada tiga pebalap terdepan yang menjauh dari rombongan dan bertahan hingga finish yang tiga juara tersebut sampai etape terakhir. Beda dengan tahun sebelumnya, para pebalap finish dengan kelompok besar, namun kali ini tidak dan ketiganya dari Indonesia.

Race Director Sondi Sampurno mengatakan dalam perjalanan tidak ada pebalap yang mengalami kecelakaan. Akan tetapi ada yang satu mengalami masalah teknis yakni pecah ban, namun bisa bergabung kembali setelah dibantu timnya.

"Cuaca Siak yang katanya sedang banjir tapi sekarang panas terik sampai sore. Mudah-mudahan besok Etape II bisa seperti ini lagi," ujarnya.

Lebih lanjut dia mengatakan pada Tour de Siak kali ini lebih banyak tim dan pebalap Nasional yang ikut. Berbeda tahun sebelumnya justru tim asing yang banyak ikut.

"Tim yang ikut dari Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Filipina ada juga pebalap nya orang Australia. Tapi yang yang ikut seperti Terengganu dan Sapura itu terbaiknya Malaysia, Go for Gold juga terbaik Filipina dan dari Singapura itu tim nasionalnya," ungkap dia.

Etape II esok yakni Siak hingga Pekanbaru melewati Kabupaten Pelalawan sepanjang 130 km. Rutenya Siak, Dayun, Km 11, Lubuk Dalam, Kerinci Kanan, Simpang Perak, Jalan Lintas Timur Sumatera di Pelalawan, Harapan Raya Pekanbaru dan finis di Kantor Gubernur Riau Jalan Sudirman.

Terakhir Etape III dilaksanakan balapan dalam Kota Pekanbaru sepanjang 120 kilometer sebanyak tiga putaran. Mulai dari Kantor Gubernur Riau, Jembatan Siak IV, Rumbai, Jalan Paus, Simpang Bingung, Jalan Riau Ujung, Soekarno-Hatta, Arifin Achmad, dan Sudirman.

Baca juga: Pebalap Tour de Siak mulai berdatangan ke Riau pada 29 November
Baca juga: Sepeda santai awali rangkaian kegiatan Tour de Siak
Baca juga: 1.098 personel gabungan siap mengawal Tour de Siak

 

Pewarta: Bayu Agustari Adha
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar