Polisi tangkap komplotan copet incar penumpang angkot di Pasar Rebo

Polisi tangkap komplotan copet incar penumpang angkot di Pasar Rebo

Polisi tangkap pencopet yang kerap beraksi di Pasar Rebo, Jakarta, Kamis (1/12/2022). ANTARA/HO-Polsek Ciracas

Modus pelaku menawarkan angkot
Jakarta (ANTARA) - Jajaran Unit Reskrim Polsek Ciracas menangkap komplotan copet yang kerap mengincar penumpang angkot di bawah jalan layang (fly over) Pasar Rebo, Jakarta Timur.

Kapolsek Ciracas Kompol Jupriono mengatakan dua pelaku yang ditangkap itu selalu menyasar korban yang baru turun dari angkot atau sedang menunggu angkutan.

"Ketika kita tangkap pun mereka sedang mencopet korban yang sedang menunggu angkutan. Modus pelaku menawarkan angkot," kata Jupriono di Jakarta, Jumat.

Jupriono menambahkan para pelaku dalam menjalankan aksinya berbagi peran. Satu pelaku mengalihkan perhatian dan memepet korban sementara pelaku lainnya mengambil handphone korban dari saku celana.

Beruntung pada saat kejadian korban sadar handphone miliknya dicopet lalu meneriaki pelaku, sehingga mereka panik melarikan diri secara berpencar ke sekitar kawasan Flyover Pasar Rebo.

"Saat itu tidak jauh dari TKP dua anggota Buser di lokasi. Pelaku atas nama Rudi Andika diamankan berikut barang bukti handphone korban. Sementara pelaku lain kabur," ujar Jupriono.

Jupriono mengatakan dari hasil penyelidikan lebih lanjut, jajaran Unit Reskrim Polsek Ciracas mendapat informasi keberadaan satu pelaku lain bernama Jodi sehingga dapat segera diamankan, pada Jumat (2/12) dini hari.

Jupriono menuturkan Rudi dan Jodi kini sudah ditahan di Mapolsek Ciracas untuk proses penyidikan, mereka disangkakan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan.

"Ancaman hukuman paling lama sembilan tahun penjara. Dalam komplotan pelaku ini ada tiga orang. Tapi satu pelaku atas nama Raul masih dalam pengejaran. Sudah masuk DPO," tutur Jupriono.
Baca juga: Polsek Ciracas usut kasus penusukan pramudi TransJakarta
Baca juga: Polsek Ciracas ringkus pelaku yang diduga buang bayi
Baca juga: Polsek Ciracas bagikan sembako bagi pengemudi ojek daring

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar