Bali (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali resmi membuka kejuaraan dunia esport IESF Bali 14th World Esports Championship 2022 di Merusaka, Nusa Dua, Bali, Jumat.

Menpora Amali mengapresiasi hasil kerja keras Pengurus Besar Esport Indonesia (PB ESI) mampu menyelenggarakan ajang internasional yang dihadiri oleh 105 negara dengan sekira 700 atlet.

"Ini tidak mudah tapi bisa dilakukan Pengurus Besar Esport Indonesia dengan baik. Lompatan besar dalam visinya sebagai kekuatan terdepan di Asia, bahkan dunia. Semoga perhelatan ini menjadi titik awal dimulainya sejarah baru untuk memberikan kontribusi besar esport untuk bangsa dan negara," ujar Menpora Amali.

Dalam kesempatan tersebut Menpora Amali juga berpesan kepada atlet untuk bertanding secara sportif.

"Tunjukkan sportivitas, mempererat persahabatan dengan negara-negara di dunia, dan jadikan Anda semua membanggakan," kata Menpora Amali.

"Dengan mengucapkan bismillahirrohmanirrohim penyelenggaraan Indonesia Esport Summit 2022 dan IESF Bali World Esports Championship secara resmi saya nyatakan dibuka."

Baca juga: Dibuka malam ini, berikut jadwal pertandingan kejuaraan dunia esport

Acara pembukaan tersebut dihadiri oleh Ketua Harian Pengurus Besar Esports Indonesia Bambang Sunarwibowo dan President Federasi Esport Internasional (IESF) Vlad Marinescu, Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari, Ketua Umum Komite Olahraga Nasional (KONI) Pusat Marciano Norman, dan gubernur Bali Wayan Koster.

Upacara pembukaan IESF Bali 14th World Esports Championship 2022 dimulai sekira pukul 19.34 WITA dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia. Kemudian, tiga maskot kejuaraan dunia esport yang mewakili tiga elemen bumi, yakni tanah, air dan udara, menyapa hadirin.

Musisi Tanah Air Alffy Rev, juga Wizzy dan Ecko, kemudian memanaskan panggung dengan membawa unsur tradisional tarian Bali di dalamnya, termasuk lagu "Bagimu Negeri."

Acara dilanjutkan dengan parade atlet dengan pemandu acara memanggil satu persatu negara yang diwakili oleh salah satu atletnya membawa bendera negara masing-masing.

IESF Bali 14th World Esports Championship 2022, yang akan berlangsung hingga 11 Desember 2022, mempertandingkan enam jenis game yaitu Tekken 7, DOTA 2, Mobile Legends: Bang Bang, PUBG Mobile, eFootball 2022 dan CS:GO. Khusus untuk CS:GO akan mempertandingkan kategori CS:GO Male dan CS:GO Female.

Kejuaraan dunia esport tersebut dibarengi dengan Indonesia Esport Summit 2022, yang rencananya menjadi ajang tahunan PB ESI, bagi penggerak industri esport untuk memamerkan produk mereka, mulai dari game lokal hingga brand teknologi.

Baca juga: Raffi dan Atta ramaikan upacara pembukaan kejuaraan esport dunia Bali
Baca juga: Mengintip arena pertandingan kejuaraan dunia esport Bali
Baca juga: Federasi esport internasional puji pelaksanaan kejuaraan dunia di Bali

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022