hadirnya KA Blambangan Ekspres itu diharapkan dapat memberikan layanan kereta api yang aman, nyaman, dan tepat waktu.
Jember, Jawa Timur (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) meresmikan peluncuran kereta api baru yakni KA Blambangan Ekspres rute Ketapang-Semarang Tawang dan diharapkan dapat mendongkrak sektor pariwisata di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Peresmian pemberangkatan perdana KA Blambangan Ekspres dilakukan oleh Vice President KAI Daerah Operasi 9 Jember Broer Rizal dan Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, di Stasiun Ketapang, Banyuwangi, Jumat malam.

"KAI terus berinovasi dengan menghadirkan kereta api relasi baru untuk mempermudah konektivitas masyarakat dari arah Ketapang menuju Surabaya hingga Semarang dan sebaliknya," kata Broer Rizal dalam siaran pers yang diterima di Kabupaten Jember.

Menurutnya, perjalanan KA Blambangan Ekspres ditujukan untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dengan semakin banyak rute yang dilayani kereta api. karena selama ini belum ada perjalanan kereta api yang menghubungkan Banyuwangi dengan Semarang secara langsung.

"KA Blambangan Ekspres juga diharapkan dapat memberikan dampak positif di sektor pariwisata bagi Kabupaten Banyuwangi serta daerah-daerah lain yang dilalui," ujarnya lagi.

Ia mengatakan hadirnya KA Blambangan Ekspres akan memberikan kemudahan bagi masyarakat ke destinasi wisata di Banyuwangi, seperti Kawah Ijen, Pantai Boom, Jawatan Benculuk, Alas Purwo, Taman Nasional Baluran, dan lain-lain.

KA Blambangan Ekspres diberangkatkan dari Stasiun Ketapang Banyuwangi pada pukul 19.30 WIB dan tiba di Stasiun Semarang Tawang pukul 05.44 WIB, sedangkan pemberangkatan dari Stasiun Semarang Tawang pada pukul 18.05 WIB dan tiba di Stasiun Ketapang pukul 04.40 WIB.

Tiket KA Blambangan Ekspres dapat dibeli masyarakat dengan harga murah, karena selama keberangkatan 2-18 Desember 2022, KAI memberikan diskon untuk kuota terbatas.

Tarif tiket promo tersebut untuk kelas eksekutif hanya Rp250.000 dan kelas ekonomi hanya Rp150.000. Pelanggan dapat membeli tiket promo itu melalui KAI Access, web kai.id, dan seluruh channel resmi penjualan tiket KAI lainnya.

Penamaan KA Blambangan Ekspres terinspirasi dari nama salah satu nama kerajaan yang pernah berkuasa di ujung timur Pulau Jawa yakni Kerajaan Blambangan, sehingga harapannya KA Blambangan Ekspres akan besar dan berjaya seperti kerajaan tersebut.

"Dengan hadirnya KA Blambangan Ekspres itu diharapkan dapat memberikan layanan kereta api yang aman, nyaman, dan tepat waktu," ujarnya.
Baca juga: KAI perkenalkan kereta api baru KA Blambangan Ekspres
Baca juga: KAI luncurkan KA Blambangan Ekspres jelang Natal dan Tahun Baru

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022