Jakarta (ANTARA) -
Hub olahraga digital pertama di Indonesia, Dash Sports kembali menggelar kejuaraan bertajuk BTN Dash Aqua Challenge di Stadion Akuatik GBK, Senayan, Jakarta, Minggu (11/12) sekaligus sebagai ajang untuk memasyarakatkan olahraga aquatlon di Tanah Air.

Aquatlon adalah perlombaan multisport yang terdiri dari olahraga lari dan renang. Aquatlon juga bakal diperlombakan dalam gelaran ANOC World Beach Games di Bali pada 2023.

Meski tak ada kaitannya dengan event di Bali, Sports Coordinator Dash Sports, Yori Hehanussa, mengatakan BTN Dash Aqua Challenge juga membawa misi lain yakni makin mengenalkan olahraga gabungan dari lari dan renang tersebut.
 
Yori mengungkapkan nantinya akan ada tiga kategori lomba. "Yaitu Adult Aquathlon Challenge, Kids Swimming Competition dan Aqua Bike. Adult Aquathlon Challenge adalah kompetisi olahraga yang seru mengombinasikan tantangan renang dan lari," kata Yori dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat.
 
"Pertandingannya berformat lari-renang-lari. Peserta berlari sejauh 3 kilometer mengitari stadion renang diikuti dengan renang sejauh 500 meter dan ditutup dengan lari kembali berjarak 2 kilometer hingga garis finis," ujarnya menambahkan.
 
Kemudian untuk Aquabike, lanjut Yori, adalah kombinasi lomba antara bersepeda dan renang. Peserta lomba bersepeda sejauh 10 kilometer secara virtual dengan menggunakan bike trainer yang sudah dipersiapkan, setelah itu diarahkan langsung menuju kolam renang untuk menyelesaikan trek renang sejauh 500 meter.
 
"Untuk Swimming Competition for Kids, pada perlombaan kali ini memfokuskan pada pembinaan anak usia 6-14 tahun. Nomor lomba yang akan dilombakan adalah 200 meter gaya ganti, 50 meter dan 100 meter gaya kupu-kupu, 50 meter & 100 meter gaya punggung, 50 meter & 100 meter gaya dada, 50 meter,100 meter & 200 meter gaya bebas," ujar Yori.
 
Dalam kesempatan yang sama, Founder dan CEO Dash Sports, Alit Aryaguna, mengatakan BTN Dash Aqua Challenge adalah sebuah ajang olahraga dan hiburan yang dikemas sedemikian seru dan fun mempromosikan gaya hidup sehat dan bugar melalui renang.
 
Ajang istimewa ini berkolaborasi dengan komunitas olahraga, menarik minat manfaat kebugaran dan mendorong partisipasi keluarga di seluruh komunitas yang beragam untuk berkompetisi. "Kami menargetkan 500 peserta keluarga ditargetkan untuk turut meramaikan ajang ini," katanya.
 
Sementara itu, Head of Marketing and Communications Division Bank BTN, Ramon Armando mengatakan pihaknya terus mendukung event olahraga. Terlebih saat ini BTN sebagai perusahaan BUMN ditunjuk sebagai bapak angkat dari olahraga renang.
 
"Senang sekali kami turut serta dalam gelaran BTN Dash Aqua Challenge yang merupakan rangkaian acara dari BTN Sport Fest 2022. Kompetisi yang digelar bukan saja kompetitif dan profesional, namun juga fun dan tentunya sesuai dengan gaya hidup sehat kaum urban. Event ini juga dapat dimanfaatkan untuk menjalin hubungan dan keakraban sahabat keluarga Indonesia yaitu antar anggota komunitas seperti utamanya renang dan olahraga lainnya serta umumnya seperti kaum profesional atau keluarga urban," pungkas Ramon.
 
Baca juga: PRSI: Pemanggilan atlet pelatnas renang berdasar pada DBON
Baca juga: Timnas renang bawa pulang enam emas di Major Games Qualifiers 2023

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022