Pangkalpinang (ANTARA) - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menyebutkan empat dari tujuh kabupaten/kota di provinsi ini pada Sabtu tidak ada penambahan kasus COVID-19, sehingga total pasien terpapar virus Corona aktif tersisa 131 orang.

"Hari ini Kabupaten Bangka, Bangka Barat, Bangka Selatan, dan Belitung Timur tanpa penambahan kasus COVID-19," kata Sekretaris Satgas Penanganan COVID-19 Babel Mikron Antariksa di Pangkalpinang, Sabtu.

Baca juga: Pj Gubernur Babel ingatkan masyarakat patuhi prokes COVID-19

Namun, kata dia, tiga kabupaten/kota lainnya di Babel saat ini terjadi penambahan kasus COVID-19 sebanyak 10 kasus. Kasus sebanyak itu tersebar di Kabupaten Belitung enam kasus serta Kabupaten Bangka Tengah dan Kota Pangkalpinang masing-masing dua kasus.

"Hari ini pasien sembuh dari COVID-19 juga bertambah 10 orang dan pasien meninggal nihil," kata Mikron.

Baca juga: Babel siapkan gerai vaksin COVID-19 di Kantor Gubernur

Ia menyatakan dengan penambahan 10 kasus ini, maka pasien COVID-19 yang masih menjalani isolasi tersisa 131 orang tersebar di Kota Pangkalpinang 38 orang, Belitung (37), Bangka (23), Bangka Barat (15), Bangka Tengah (11), Bangka Selatan (3), dan Belitung Timur (4).

"Kami terus berupaya menekan penularan dan penyebaran COVID-19 ini dengan menggencarkan sosialisasi penerapan protokol kesehatan dan vaksinasi booster," kata dia.

Baca juga: Epidemiolog: Mobilitas saat libur akhir tahun perlu diimbangi prokes

Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Bangka Barat Achmad Nursyandi mengatakan dalam beberapa bulan terakhir jumlah kasus di daerah itu melandai dan belum pernah terjadi lonjakan kasus yang cukup signifikan seperti awal pandemi COVID-19.

"Kami berharap situasi seperti ini bisa terus dijaga masyarakat dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku sehingga jumlah kasus bisa terus menurun," kata Achmad.

Pewarta: Aprionis
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022