Kapolda Riau: Tour de Siak berjalan aman dan lancar

Kapolda Riau: Tour de Siak berjalan aman dan lancar

Kapolda dan Gubernur Riau, Irjen Pol Muhammad Iqbal dan Syamsuar menyaksikan finish Etape II Tour de Siak dengan rute Siak-Pekanbaru. (ANTARA/HO-Polda Riau)

Pekanbaru, (ANTARA) - Kepolisian Daerah Riau menyampaikan bahwa ajang balap sepeda Tour De Siak Etape II dengan rute Siak-Pekanbaru sejauh 130 kilometer berlangsung aman dan lancar mulai dari titik start di depan Istana Siak dan finish di Kantor Gubernur Riau, Kota Pekanbaru.

Kepala Polda Riau, Irjen Muhammad Iqbal di Pekanbaru, Sabtu mengatakan kelancaran kegiatan ini berkat kerja sama semua pihak. Termasuk saat etape I di Kabupaten Siak dengan tema "Siak City Race" pada Jumat (2/12) lalu.

"Karena kerja sama semua pihak, terutama masyarakat Provinsi Riau, khususnya Siak, Pelalawan, Pekanbaru. Semua berjalan lancar, tidak ada kecelakaan, cuma tadi ada satu yang kram," kata Irjen Iqbal.

Etape II Siak-Pekanbaru sejak awal sudah menjadi perhatian Kapolda Riau dan mengambil kendali untuk pengaturannya. Pasalnya ini melewati tiga Kabupaten/kota yakni Kabupaten Siak, Pelalawan, dan Kota Pekanbaru.

Selain itu, sejumlah ruas juga merupakan jalan lintas timur Sumatera yang memiliki kepadatan kendaraan tonase besar. Irjen Iqbal mengungkapkan, ada 2.150 orang personel jajaran Polda Riau yang dikerahkan untuk mengamankan kegiatan Tour De Siak.

Baca juga: 1.098 personel gabungan siap mengawal Tour de Siak

Lintasannya yakni dari Istana Siak - Jalan Hangtuah- Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah- Simpang Dayun - Simpang Buatan- Simpang Lago-Simpang Kayuara. Lalu masuk kawasan dalam Kota Pekanbaru via lintas Timur, kemudian masuk Imam Munandar menuju Kantor Gubernur Riau via Jalan Sudirman.

Sementara itu, Gubernur Riau Syamsuar, mengajak masyarakat Pekanbaru untuk sama-sama menjaga ketertiban saat kegiatan etape III berlangsung Minggu (4/12). Pasalnya Minggu itu ada "car free day", sekaligus ada event yang belum pernah dilihat warga Pekanbaru yaitu balap sepeda.

"Kami minta dukungan masyarakat, tidak melalui jalan menonton, di pinggir. Sehingga pebalap aman melakukan kegiatan besok, kami harapkan tidak ada yang cidera, baik pebalap ataupun warga kita. Selamat menonton, rugi kita nggak nonton," ucap Syamsuar.

Etape III Tour De Siak, "Pekanbaru City Race" ini akan dimulai sekitar pukul 11.00 WIB dimulai dari Kantor Gubernur Riau - Jembatan Siak IV - Bundaran Pertamina Rumbai - Bundaran Palas - Jembatan Siak II – Bundaran Celengan - Jalan Riau - Jalan Soekarno Hatta - Fly Over SKA - Jalan Arifin Ahmad - Jalan Sudirman – Fly Over Imam Munandar - Jalan Jendral Sudirman – Fly Over Simpang Jalan Tuanku Tambusai - Kantor Gubernur Riau.

Baca juga: Bernard Benyamin van Aert juarai Etape I Tour de Siak
Baca juga: Pebalap tim Sapura Malaysia juarai etape dua Tour de Siak 2022
Baca juga: Tour de Siak 2022 tidak masuk kalender UCI

Pewarta: Bayu Agustari Adha
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar