ikut menekan pemanasan global dan menata kawasan
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Timur (Pemkot Jaktim) menanam sebanyak 100 pohon di Jalan DI Panjaitan, Kelurahan Rawa Bunga, Kecamatan Jatinegara.

Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar di Jakarta, Minggu, mengatakan kegiatan penanaman pohon itu dalam rangka mendukung program Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono.

"Kegiatan ini dalam rangka ikut menekan pemanasan global dan menata kawasan supaya lebih hijau di wilayah Jakarta Timur," kata Anwar. 

Anwar menambahkan penanam pohon itu dilakukan di lahan sepanjang 500 meter dengan aneka jenis tanaman seperti mahoni, tabebuya dan sawo kecik.

Baca juga: Jakarta Selatan berkomitmen tanam alpukat Cipedak di Jagakarsa

Anwar mengatakan kegiatan serupa akan terus dilakukan oleh pihaknya di berbagai wilayah Jakarta Timur.

"Semua akan kita tata kawasan di wilayah Jakarta Timur agar lebih hijau, lebih rapi," ujar Anwar.

Wali Kota mengatakan kegiatan penanaman pohon itu berlangsung berkat kolaborasi antara Kecamatan Jatinegara, lurah se-Kecamatan Jatinegara bersama PLN UP3 Jatinegara.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota juga menginstruksikan kepada jajaran kecamatan, kelurahan, bersama Satpol PP, RW dan RT untuk menjaga lingkungan agar tidak dipakai seperti parkir liar dan lain sebagainya.

Baca juga: Pemkot Jaksel tanam ratusan pohon produktif di Mampang

"Kegiatan seperti ini setiap hari Minggu kita lakukan bersama warga dan petugas PPSU( Penanganan Prasarana dan Sarana Umum) membersihkan lingkungannya di wilayah Jakarta Timur," kata Anwar.

Sebelumnya, Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meminta kepada seluruh Wali Kota untuk menanam pohon guna mengantisipasi serta upaya jangka panjang untuk pencegahan banjir di DKI Jakarta.

"Dalam memasuki musim penghujan, saya meminta kepada seluruh wali kota untuk menanam pohon sebanyak-banyaknya, nanti untuk titiknya dimana saja," kata Heru di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat, Selasa (18/10).

Heru juga menyebutkan jumlah pohon yang harus ditanam sekitar 600 hingga 1.000 pohon dan penanaman pohon tersebut diberi waktu selama satu bulan.

Baca juga: Pemkot gandeng puluhan PKL tanam pohon di Jalan Mangga Besar

"Seperti kemarin Wali Kota Jakarta Timur melakukan penanaman pohon di Becakayu dan saya kasih waktu satu bulan," kata Heru.

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022