JXB Bike Lounge sendiri, ini masih tahap finalisasi dan rencananya akan dibuka untuk publik dalam waktu dekat
Jakarta (ANTARA) - Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik DKI Jakarta yakni Jakarta Tourisindo atau Jakarta Experience Board (JXB) akan mengembangkan fasilitas pesepeda JXB Bike Lounge Sudirman dengan penambahan fasilitas dermaga hingga kamar mandi pintar yang dilengkapi smart glass.

Direktur Utama JXB Novita Dewi menyampaikan bahwa ke depan pihaknya akan membangun dermaga di sekitar JXB Lounge dengan akses ke kali Ciliwung yang bertujuan mengoptimalkan pengembangan pariwisata kawasan air di Jakarta.

"Ke depan, JXB juga akan membangun dermaga di depan kawasan JXB Bike Lounge sehingga JXB Bike Lounge dapat langsung diakses dari kali Ciliwung. Hal ini menjadi bentuk dukungan terhadap pengembangan pariwisata kawasan air dan pengoptimalan kali Ciliwung yang diinisiasi oleh Pemprov DKI Jakarta," kata Novita dalam keterangan di Jakarta, Minggu.

Selanjutnya, kata Novita, JXB Bike Lounge juga akan ditambah lagi dengan fasilitas kamar mandi smart glass, yaitu kaca yang akan berubah menjadi buram ketika dimasuki pengguna untuk memberi pengalaman baru pada pengguna.

Baca juga: JXB gandeng Bobobox hadirkan fasilitas Glamping di Grand Cempaka

"JXB Bike Lounge sendiri, ini masih tahap finalisasi dan rencananya akan dibuka untuk publik dalam waktu dekat," ucapnya.

Sebagai langkah awal pengoptimalan JXB Bike Lounge, lanjut Novita, aset BUMD bidang pariwisata tersebut juga dilibatkan menjadi lokasi yang dapat digunakan tamu undangan dalam acara Festival Dayung Ciliwung yang bertempat di stasiun BNI City pada hari Minggu ini.

Fasilitas yang dapat digunakan di area tersebut antara lain fasilitas kamar mandi smart glass, area UMKM, area berkumpul, loker dan area parkir sepeda.

"Kami merasa senang JXB Bike Lounge dapat dimanfaatkan untuk kelancaran Festival Dayung Ciliwung. Karena JXB Bike Lounge dibangun dengan semangat untuk menciptakan ruang ketiga baru di Jakarta yang dapat memfasilitasi aktivasi ruang publik seperti acara tersebut," ucap Novita.

Diketahui, Festival Dayung Ciliwung merupakan kegiatan yang dilakukan dalam rangka menuju Kejuaraan Nasional Dayung dan Hari Bakti Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Dalam sambutannya, PJ Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono berharap dengan adanya kegiatan ini, diharapkan publik lebih mengenal cabang olahraga dayung dan memberikan perhatian kepada kelestarian lingkungan dengan meningkatkan kesadaran untuk menjaga dan merawat Kali Ciliwung.

"Di sini yang terpenting, saya imbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai. Sungai Ciliwung adalah aset kita, yang harus dijaga," kata Heru.

Festival Dayung Ciliwung yang diselenggarakan dengan rute dayung dari Rusun Pasar Rumput hingga ke Stasiun BNI City ini dibuka langsung oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

"Kegiatan hari ini diharapkan meningkatkan awareness masyarakat untuk menjaga kelestarian Kali Ciliwung, yaitu kali terbesar yang melewati Jakarta. Kegiatan ini diharapkan menjadi inisiasi yang baik bagaimana pengelolaan kali Ciliwung dapat dicontoh oleh daerah-daerah lain di Indonesia, seperti Sungai Brantas, Kali Braga dan lain-lain," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Baca juga: JXB & Playstation hadirkan mural "God Of War Ragnarok" di Kota Tua
Baca juga: DKI hadirkan fasilitas pemasaran UMKM di Dukuh Atas

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2022