Beijing (ANTARA) - Perusahaan-perusahaan internet utama China kembali mencatatkan peningkatan dua digit dalam belanja penelitian dan pengembangan (litbang) pada Januari hingga Oktober 2022, demikian menurut data resmi Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi China.

Dalam periode itu, total belanja litbang perusahaan-perusahaan tersebut mencapai 63,67 miliar yuan (1 yuan = Rp2.207), naik 10,4 persen secara tahunan (year on year/yoy), dengan laju 1,6 poin persentase lebih cepat dari yang tercatat pada tiga kuartal pertama 2022.

Nilai pendapatan bisnis gabungan dari perusahaan-perusahaan internet utama dan perusahaan layanan terkait turun tipis 0,8 persen (yoy) menjadi 1,22 triliun yuan. Namun, penurunan tersebut menyusut 0,1 poin persentase dari tiga kuartal pertama 2022, papar data itu.

Secara spesifik, nilai pendapatan bisnis dari perusahaan-perusahaan yang menyediakan layanan penjualan daring melonjak 16,3 persen dari 2021. Lajunya tercatat 1 poin persentase lebih cepat dari periode Januari-September.

Perusahaan-perusahaan internet utama dan perusahaan layanan terkait adalah mereka yang membukukan pendapatan bisnis tahunan minimal 20 juta yuan.

Pewarta: Xinhua
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2022