Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Barat menggencarkan
kegiatan kerja bakti setiap hari Minggu untuk membersihkan fasilitas umum dan menjaga kekompakan warga.

"Kerja bakti selalu kita lakukan setiap hari Minggu seperti yang kita sudah lakukan hari Minggu kemarin," kata Wali Kota Jakarta Barat, Yani Wahyu Purwoko di Jakarta, Senin.

Menurut Yani, seluruh elemen warga juga harus memiliki tanggung jawab dan dilibatkan dalam membersihkan lingkungan.

Pada hari Minggu (4/12) lalu, Yani turun langsung dengan jajarannya membersihkan trotoar di Jalan S Parman hingga Jalan KS Tubun, Kecamatan Palmerah.

Dia beserta jajaran Pemerintah Kota Jakarta Barat (Pemkot Jakbar) membersihkan trotoar dengan cara menyapu hingga menyiram dengan mobil pompa milik Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat).

"Yang terlibat sekitar 360 personel dan tiga mobil penyemprot air," kata dia.

Baca juga: Pemkot Jakbar kerja bakti bersihkan fasum rusak
Baca juga: Banjir surut, Wali Kota Jakbar pimpin gerebek sampah dan lumpur

Tidak hanya membersihkan trotoar, Yani dan jajaran juga membersihkan jalur khusus penyandang disabilitas agar tidak tertutup tanah hingga lumut.

Kegiatan yang sama juga dilakukan Yani secara langsung pada Minggu (27/11). Saat itu Yani beserta warga sekitar melakukan kerja bakti di kawasan Grogol, Jakarta Barat.

Di sana, pihaknya juga fokus membersihkan trotoar jalan. Selain itu, Yani beserta personel 
Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) sempat memantau saluran air di kawasan Tomang.

Dia memastikan kegiatan kerja bakti di hari Minggu akan terus bergulir demi memastikan lingkungan bersih dan nyaman untuk ditempati.

Dia juga berharap keterlibatannya secara langsung dalam kerja bakti dapat menumbuhkan semangat warga untuk saling menjaga lingkungan dan fasilitas umum yang ada.
 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022