Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Skuad Arema FC bertolak ke Jawa Tengah dengan kekuatan penuh untuk menghadapi lanjutan kompetisi Liga 1, yang sebelumnya dihentikan akibat tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Jawa Timur pada 1 Oktober 2022.

Pelatih Arema FC Javier Roca di Kota Malang, Jawa Timur, Senin mengatakan bahwa ada sebanyak 28 pemain Singo Edan yang akan dibawa ke Jawa Tengah untuk menjalani sisa laga sebanyak enam pertandingan pada putaran pertama kompetisi Liga 1.

"Kami membawa semua pemain," kata Roca.

Roca menjelaskan, dengan padatnya waktu pertandingan, skuad Arema FC akan melakukan secara optimal langkah-langkah pemulihan pemain pascalaga. Ia berharap, pada lanjutan kompetisi Liga 1 tersebut, tidak ada pemain yang mengalami cedera.

Baca juga: Arema FC fokus bangun kerja sama tim

Menurutnya, dengan ketatnya jadwal pelaksanaan kompetisi Liga 1 tersebut, ada peluang untuk melakukan rotasi skuad Arema FC. Selain itu, ia juga akan memberikan kesempatan pada sejumlah pemain muda untuk merumput pada kompetisi Liga 1.

"Biasanya pergantian pemain itu karena kelelahan, taktikal, atau karena hasil. Jadi mungkin ada juga yang harus kita pertimbangkan kalau harus rotasi. Selama ini untuk pemain muda juga ada kesempatan, tapi mungkin waktu bermain saat ini akan lebih banyak," ujarnya.

Ia menambahkan, meskipun banyak perubahan pada tim usai terjadi tragedi di Stadion Kanjuruhan pascalaga antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya tersebut, skuad Singo Edan sudah dalam kondisi yang siap.

"Tim sudah melakukan persiapan normal. Kita sudah beberapa kali lakukan uji coba, tujuannya memang untuk kompetisi," katanya.

Baca juga: Javier Roca sebut Arema FC butuh banyak perbaikan

Sesuai dengan jadwal yang diterima oleh Arema FC, laga perdana akan dilakoni oleh Singo Edan melawan Dewa United di Stadion Manahan pada 7 Desember 2022, dan pada 11 Desember, Arema FC akan menghadapi Persis Solo di Stadion Jatidiri Semarang.

Untuk laga ketiga, Arema FC akan berhadapan dengan Persikabo 1973 di Stadion Manahan pada 14 Desember, yang dilanjutkan dengan melawan Persita Tangerang pada 17 Desember di Stadion Moch Soebroto.

Arema FC akan menghadapi Madura United pada 20 Desember di Stadion Maguwoharjo dan laga penutup putaran pertama akan dilalui oleh Arema FC dengan melawan Bhayangkara FC pada 23 Desember 2022 di Stadion Jatidiri Semarang.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) menyatakan Liga 1 musim 2022-2023 resmi dilanjutkan pada 5 Desember 2022 usai mendapatkan rekomendasi dari pihak kepolisian. Pelaksanaan Liga 1 tersebut digelar dengan sistem bubble.

Ada sejumlah stadion di Jawa Tengah yang akan dipergunakan untuk sistem bubble tersebut, yakni Stadion Sultan Agung, Bantul, Stadion Maguwoharjo, Sleman, Stadion M. Soebroto, Magelang, Stadion Manahan, Solo dan Stadion Jatidiri, Semarang. Lanjutan putaran pertama Liga 1 tersebut digelar tanpa kehadiran penonton di stadion.

Baca juga: Arema FC hormati rencana penerapan sistem "bubble" Liga 1

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022