Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) M. Jusuf Kalla meminta para pengusaha di Indonesia untuk ikut membantu mempercepat pemulihan para korban gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

"Operasi penanggulangan gempa Cianjur, saat ini fokus pada pemulihan penyintas bencana. Partisipasi dari banyak pihak akan mempercepat pemulihan Cianjur pasca-gempa. Maka dari itu, kami minta para pengusaha di Indonesia untuk turut membantu percepatan pemulihan itu," katanya saat menerima sejumlah donasi dari kalangan koorporasi di Markas Pusat PMI Jalan Gatot Subroto, Kavling 96, Mampang, Jakarta Selatan di Jakarta, Senin.

Menurut JK sapaan akrabnya, pelayanan darurat telah diberikan PMI ke para penyintas di Cianjur. Selanjutnya uluran tangan dari berbagai elemen khususnya pengusaha atau badan usaha sebagai berarti untuk mempercepat proses pemulihan.

Peran PMI seperti dua tangan yakni menerima donasi kemudian menyalurkan kembali kepada masyarakat seperti penyintas gempa di Cianjur.

PMI yang memiliki segudang pengalaman membantu pemerintah dalam penanggulangan bencana, secara profesional akan terus menyalurkan bantuan baik dalam bentuk barang maupun pelayanan.

Baca juga: PMI Jaksel buka posko pelayanan kesehatan untuk korban gempa Cianjur

Selain itu, PMI sudah menyiapkan rencana operasi untuk enam bulan mendatang yang fokus utamanya untuk mempercepat pemulihan serta membangun hunian sementara bagi penyintas khususnya mereka yang rumahnya rusak berat atau ambruk serta tidak bisa dihuni kembali.

Selain itu, pelayanan darurat seperti distribusi paket makanan, air bersih, paket kebersihan serta perlengkapan bayi untuk penyintas juga masih terus dilakukan para relawan yang tergabung dalam lembaga kemanusiaan terbesar di Indonesia ini.

"Hingga saat ini PMI telah menerima donasi sekitar Rp1,9 miliar yang berasal dari pihak seperti Mitsubishi Krama Yudha Group, PT Moya Indonesia serta Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI). Kami pun mengucapkan terima kasih atas dukungan ini dan amanah ini akan kami salurkan tepat pada sasaran untuk membantu masyarakat di Kabupaten Cianjur agar pulih lebih cepat," ujarnya.

JK mengimbau kepada seluruh kalangan yang ingin berdonasi bisa melalui PMI dengan menghubungi relawan atau personel PMI atau bisa datang langsung ke markas PMI baik pusat, provinsi, maupun kabupaten/kota. Setiap donasi yang dititipkan kepada PMI tentunya akan digunakan sesuai amanah.

Baca juga: PMI salurkan satu juta liter air bersih untuk pengungsi gempa Cianjur
Baca juga: PMI fokus distribusikan air bersih ke 112 titik pengungsian Cianjur

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022