Rancangan robot dengan desain AUV ini menjadi bukti bahwa mahasiswa UI dapat menginovasikan inovasi teknologi desain, pembuatan prototipe, dan performa prototipe di bidang teknologi perkapalan dan maritim
Depok (ANTARA) - Tim Autonomous Marine Vehicle (AMV) Universitas Indonesia (UI) berinovasi merancang robot kapal bawah air tak berawak (nirawak) atau autonomous underwater vehicle (AUV) yang diberi nama Makara Perry, dan berhasil meraih  juara 2 pada Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) 2022.

Dekan Fakultas Teknik UI, Prof. Dr. Heri Hermansyah di Kampus UI Depok, Jawa Barat, Senin memberikan apresiasi terhadap rancangan Makara Perry.

Rancangan robot dengan desain AUV ini, kata dia, menjadi bukti bahwa mahasiswa UI dapat menginovasikan inovasi teknologi desain, pembuatan prototipe, dan performa prototipe di bidang teknologi perkapalan dan maritim.

"Capaian yang telah diraih AMV UI di kancah nasional ini pun membuktikan bahwa mahasiswa FTUI adalah mahasiswa yang unggul dan berdampak," katanya.

Makara Perry mengintegrasikan beberapa komponen, elemen "depth" sensor, misalnya berfungsi agar robot dapat mengetahui kedalaman dari kolam atau medannya.

Lalu, computer vision yang merupakan kamera berjenis Razer Kiyo X berfungsi sebagai input gambar untuk AUV dengan resolusi dan frame rate yang tinggi, sehingga AUV dapat melakukan image processing.

Salah seorang anggota Tim AMV UI (Tenik Elektro 2020) Valerie Olive Suryono mengatakan mereka juga mengintegrasikan computing device jenis Nvidia Jetson Xavier NX, mini komputer dengan waktu proses yang cepat yang memungkinkan AUV Makara Perry melakukan tugas-tugas seperti image processing, object recognition, dan data aggregation secara parallel.

"Konfigurasi thruster yang digunakan adalah empat thruster vertikal yang disusun sedemikian rupa untuk membantu ASSD melakukan heave and roll, sedangkan untuk bidang horizontal, ASSD menggunakan pendorong dan kemudi untuk melakukan gerakan surge dan yaw. Dengan demikian, drone dapat bermanuver pada lima derajat kebebasan," katanya.

Komponen-komponen tersebut ditempatkan pada dua enclosure kedap air berbahan dasar akrilik. Enclosure Makara Perry dirancang secara khusus untuk mengakomodasi komponen-komponen elektrik yang ada pada AUV rancangan tim AMV UI.

KKCTBN 2022 diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek RI). Pada ajang kompetisi tersebut, Tim AMV UI bertanding pada kategori Performa dan Prototipe Kapal Autonomous Semi Submarine Drone.

KKCTBN 2022 merupakan salah satu agenda lomba inovasi teknologi desain, pembuatan prototipe, dan performa prototipe di bidang teknologi perkapalan dan maritim. Ajang ini merupakan kompetisi bagi mahasiswa-mahasiswa Indonesia yang diselenggarakan setiap tahun.

Baca juga: UI raih juara tiga dunia kompetisi robot kapal

Baca juga: UI raih juara Asean ciptakan robot bawah laut

Baca juga: Mahasiswa UI ikuti lomba robot internasional

Baca juga: UI raih juara pertama kontes robot terbang

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022