Liga 1 Indonesia

Ketua Umum PSSI berharap lanjutan putaran pertama kompetisi lancar

Ketua Umum PSSI berharap lanjutan putaran pertama kompetisi lancar

Menpora Zainudin Amali (kedua kanan), Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (kedua kiri), Asisten Operasi Kapolri Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi (kanan) dan Dirut PT LIB Ferry Paulus (kiri) menyampaikan keterangan pers hasil Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Sepak Bola Liga 1 di Auditorium Wisma Menpora, Jakarta, Senin (28/11/2022). Dari hasil rapat tersebut menyatakan bahwa Kemenpora dan instasi terkait akan melakukan satu tahapan rapat koordinasi bersama Polri perihal sistem keamanan dalam pelaksanaan penyelenggaraan sepak bola Liga 1. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/wsj.

Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan berharap putaran pertama kompetisi Liga 1 2022/2023 berjalan lancar, dan segenap aspek evaluasi yang dilakukan pihak keamanan dapat dipenuhi penyelenggara.

Jika evaluasi yang dilakukan pihak keamanan memenuhi, kata dia, dimungkinkan putaran kedua kompetisi kasta tertinggi di Indonesia itu kembali pada format kandang-tandang (home-away).

Kompetisi Liga 1 2022/2023 yang sempat mandek imbas dari Tragedi Kanjuruhan, awal Oktober lalu, akhirnya kembali bergulir mulai 5 Desember ini setelah mendapatkan rekomendasi dari kepolisian.

"Lebih dari 120 ribu orang menggantungkan diri dari sepak bola, baik itu ofisial, wasit, pemain, kitman, pelatih, pelaku UMKM. Mereka hidup dari sepakbola," kata pria yang akrab disapa Iwan Bule itu, melalui pernyataan yang diterima di Jakarta, Senin.

Kembali bergulirnya Liga 1 pasca-Tragedi Kanjuruhan itu tak terlepas dari kegigihan Iwan yang mampu berkomunikasi yang apik dan intensif dengan berbagai "stakeholder" seperti Kemenkopolhukam, Kemenpora, Kemen PUPR, serta Mabes Polri dan lembaga lainnya.

Baca juga: LIB: Liga 1 resmi dilanjutkan mulai 5 Desember 2022

Lanjutan Liga 1 dengan sistem bubble itu sekaligus dapat menyesuaikan dengan dinamisnya peraturan-peraturan dari kepolisian yang akan diselaraskan mulai dari proses izin, pelaksanaan pertandingan hingga evaluasi.

Selain mampu menghidupi orang banyak, kata dia, berputarnya kembali roda kompetisi sepak bola juga membantu para pemain yang akan membela Timnas Indonesia dalam kondisi fit dan juga tetap berkembang setelah menjalani pemusatan latihan.

Apalagi, skuad Garuda pada sektor senior akan menghadapi AFF Mitsubishi Electric Cup 2022, Piala Asia U-20 2023, Piala Dunia U-20 2023, dan Piala Asia 2023.

Iwan Bule yang pernah menjadi Kapolda Metro Jaya itu juga mengecek langsung ke lapangan terkait komitmen PT Liga Indonesia Baru mulai menggelar laga lanjutan kompetisi dengan sistem "bubble".

Ada empat stadion telah ditunjuk PT LIB sebagai arena lanjutan Liga 1 2022-2023 sistem bubble ini, yakni Stadion Jatidiri (Semarang), Stadion Maguwoharjo (Sleman), Stadion Manahan (Solo), dan Stadion Sultan Agung (Bantul) yang semuanya tanpa penonton.

Bergulirnya kembali Liga 1 itu terjadi setelah keluarnya izin dari Kepolisian, serta pertemuan Menko Polhukam Mahfud MD, Menpora Zainudin Amali, dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo di Kantor Kemenkopolhukam, Jakarta, Senin sore.

Baca juga: Menpora: Keberadaan penonton Liga 1, 2 dan 3 tergantung evaluasi
Baca juga: Bali United tundukkan Persita Tangerang 3-2

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar