Jakarta (ANTARA/JACX)  - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo digadang-gadang akan maju sebagai salah satu kandidat dalam Pemilihan Presiden pada Pemilu 2024, sebagaimana tampak pada sejumlah survei politik.

Kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu, pada Oktober 2022, juga sempat memberikan pernyataan terkait Pilpres 2024.

Pernyataan Ganjar lantas menuai sanksi dari PDI Perjuangan dan diikuti pernyataan Ganjar bahwa dia akan patuh pada keputusan partai berlambang banteng hitam moncong putih itu.

Namun pada salah satu unggahan di Twitter, tampak foto Ketua Umum partai PDIP Megawati Soekarnoputri sedang menunjukan ponsel pintar yang menunjukkan foto Ganjar Pranowo dan dilengkapi keterangan "Presiden 2024".

Akun pengunggah foto Megawati Soekarnoputri itu menambahkan narasi terima kasih yang diikuti sejumlah komentar bahwa Megawati telah mendukung Ganjar sebagai calon kandidat dalam Pilpres 2024.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

Terima kasih Bu Mega... 

Namun, benarkah unggahan foto Megawati mendukung Ganjar Pranowo sebagai presiden 2024 tersebut?
 

Unggahan hoaks yang menampilkan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri dan seakan menunjukan foto Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. sebagai calon presiden pada Pilpres 2024. Faktanya, foto itu merupakan suntingan dari foto asli Megawati saat melakukan panggilan video dengang Presiden RI Joko Widodo saat Idul Fitri 1443 H, atau Mei 2022. (Twitter)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran ANTARA, unggahan yang menampilkan foto Ketua Umum PDI Perjuangan itu telah merupakan foto suntingan dari foto asli Megawati.

Foto sebenarnya yang menampilkan Megawati Soekarnoputri tampak pada unggahan akun Instagram Puan Maharani, putri Megawati, pada 2 Mei 2022.

Dalam unggahan Puan, tampak Megawati sedang melakukan panggilan video dengan Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo sebagai upaya silaturahmi virtual pada Idul Fitri 1443 H atau pada Mei 2022.

Dengan demikian, unggahan yang mengklaim Megawati Soekarnoputri mendukung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden pada Pemilu 2024 merupakan konten menyesatkan atau hoaks.
 

Klaim: Foto Megawati dukung Ganjar 2024 menjadi Presiden 2024
Rating: Hoaks

Cek fakta: Hoaks! Gambar artikel Ganjar dan Jokowi RI 1--RI 2 Pilpres 2024

Cek fakta: Hoaks! Megawati-Prabowo sepakat usung Ganjar

Baca juga: Ribuan santri nusantara doakan Ganjar Pranowo jadi presiden

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2022