Untuk warga Indonesia bebas visa, bisa datang kapan saja
Jakarta (ANTARA) - Departemen Pariwisata Filipina (PDOT)  mengungkapkan tiga kota yang ramah bagi wisatawan muslim di Filipina, yaitu Davao, Manila dan Cebu.
 
"Davao memiliki perpaduan yang baik untuk wisatawan muslim, makanan ramah muslim tidak perlu mengubah apa pun, kemudian di sana terdapat bandara internasional," ungkap Buena Carla F. Zaldiva dari Market Development PDOT dalam "Astindo & PDOT Roadshow 2022" di Jakarta, Selasa.
 
Selanjutnya, Carla menyebutkan Manila sebagai kota yang ramah wisatawan muslim karena hotel di sana memiliki musholla (prayer room), serta makanan yang ramah bagi kalangan yang hanya memakan sayur-sayuran (vegan).
 
Terakhir adalah Cebu, kota yang kaya akan sejarah bangunan-bangunan peninggalan zaman penjajahan Spanyol. Menurutnya, kota Cebu sudah siap menerima kunjungan wisatawan muslim.
 
Carla menyampaikan bahwa wisatawan asal Indonesia memiliki akses bebas visa selama 30 hari tinggal.
 
"Untuk warga Indonesia bebas visa, bisa datang kapan saja," ujarnya.
 
Insentif lainnya yakni dibebaskan dari aturan vaksin COVID-19 dosis ketiga (booster). Kemudian penggunaan masker di tempat umum merupakan hal yang opsional.
 
"Filipina sudah menyetujui penggunaan masker di tempat umum adalah opsional," imbuhnya.

PDOT bekerja sama dengan Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) menggelar roadshow di Jakarta, Surabaya, dan Denpasar pada 6-9 Desember 2022 untuk memperkenalkan destinasi unggulan Filipina.
 
Pemilihan Indonesia sebagai negara pertama proyek roadshow ini, kata Carla, diselenggarakan dengan melihat potensi pasar yang menjanjikan di Indonesia terutama pada 2023 mendatang.
 
"Indonesia tetap menjadi peluang pasar penting bagi Filipina dan menempati peringkat ke-15 sebagai negara yang dengan jumlah visitor arrival tertinggi sebelum pandemi. Per 30 November 2022, wisatawan Indonesia menempati peringkat ke-13 dalam daftar ini," jelasnya.

Baca juga: Bidik wisatawan Filipina, 10 agen perjalanan diajak nikmati Batam
Baca juga: 14 maskapai penerbangan dukung target 8.000 wisatawan ke Bali
Baca juga: Korea Selatan targetkan 300.000 wisatawan dari Indonesia pada 2022

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022