ketinggian air mencapai 30 cm
Jakarta (ANTARA) - Tim gabungan lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di DKI Jakarta menangani rob atau banjir pesisir yang melanda delapan Rukun Tetangga (RT) di Jakarta Utara dengan ketinggian 20-30 centimeter.

"Kami mencatat saat ini terdapat delapan RT atau 0,026 persen dari 30.470 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta," kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji di Jakarta, Rabu.

Adapun delapan RT yang dilanda rob itu yakni sebanyak lima RT di Kelurahan Pluit dengan ketinggian air 20 - 25 cm.

Kemudian, dua RT di Kelurahan Marunda dengan ketinggian air mencapai 30 cm dan satu di Kelurahan Koja dengan ketinggian air 20 cm.

Adapun tim yang terlibat di antaranya BPBD, Dinas Sumber Daya Air, Dinas Bina Marga dan Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat).

Mereka mengerahkan personel dan mengawasi kondisi genangan untuk melakukan penyedotan genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik bersama dengan para lurah dan camat setempat.

"Genangan ditargetkan untuk surut dalam waktu cepat," ucap Isnawa.

Sebelumnya, BMKG merilis waspada banjir pesisir pada 06-13 Desember 2022 yang disebabkan aktivitas pasang air laut bersamaan dengan fase bulan purnama mempengaruhi dinamika pesisir pantai.

Warga yang berada di wilayah pesisir DKI Jakarta seperti di Kamal Muara, Kapuk Muara, Penjaringan, Pluit, Ancol, Kamal, Marunda, Cilincing, dan Kalibaru diimbau untuk waspada terhadap peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum yang berpotensi menyebabkan terjadinya banjir pesisir.

BPBD DKI mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi genangan.

Apabila dalam keadaan darurat, ia meminta masyarakat segera hubungi nomor telepon 112 yang merupakan layanan gratis dan beroperasi selama 24 jam non-stop.

Isnawa meminta masyarakat memantau informasi terkini mengenai gelombang air laut pada laman bpbd.jakarta.go.id/gelombanglaut.
Baca juga: BPBD DKI: Sembilan wilayah waspada rob hingga 13 Desember
Baca juga: BPBD DKI sedot rob di Marunda dan Pluit
Baca juga: Warga diminta waspada rob pesisir Jakarta Utara

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022