Jakarta (ANTARA) - Kylie Suyoto Kwok membawa Kontingen Wushu Junior Indonesia memenuhi target enam medali emas setelah kembali menjadi yang terbaik dalam Kejuaraan Dunia Wushu Junior (WJWC) 2022.

Kylie memastikan emas di kategori Junior A Putri nomor jianshu dengan mencatat 9,273 poin yang bergulir di ICE BSD, Tangerang, Banteng, Rabu.

Atlet dari Sasana Rajawali Sakti Jakarta Utara ini mengalahkan Sy Jie Kelly Chin dari Malaysia di posisi kedua dengan 9,263 poin dan Weng Lan Wong dari Macau yang meraih perunggu usai mengemas 9,230 poin.

"Saya senang dan bangga. Perjuangan kali ini lebih berat. Saya merasa lebih terbebani daripada saat meraih emas pertama," kata Kylie usai lomba.

Bagi Kylie, ini merupakan emas kedua. Pada hari pertama, Selasa, dia juga menjadi yang terbaik pada nomor taolu changquan kelompok A putri.

Adapun pada hari kedua, skuad Merah Putih mengemas tiga emas dan satu perunggu. Tambahan ini membuat Indonesia mengoleksi enam emas dan satu perunggu.

Dengan kata lain, secara umum target Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) sudah terpenuhi.

"Target enam emas memang sudah terpenuhi dari nomor taolu, tetapi kami akan berusaha karena pertandingan masih berlangsung hingga 10 Desember," kata Chef de Mission (CdM) Kontingen Wushu Indonesia, Doddy Rahadi.

Baca juga: CdM: tiga emas di hari pertama WJWC kado awal untuk Presiden Jokowi
Baca juga: Indonesia tambah dua emas pada hari kedua WJWC 2022


Dua emas sebelumnya pada hari ini diraih Ivana Beatrice dan Thalia Marvelina Tanzil. Sementara untuk perunggu dari Richard Dean Kurnia.

Thalia Marvelina Tanzil tampil sempurna membawakan permainan Daoshu di kategori Junior B Putri.

Thalia, sapaan akrab Thalia Marvelina Tanzil, mengalahkan 13 pesaing dengan mencatat poin tertinggi 9,173 poin. Medali perak menjadi milik Yenn Tin Queek dari Malaysia dengan mengantongi 9,136 poin dan Lia Minn-Lei Ruggiero dari Kanada meraih perunggu setelah mengantongi 9,093 poin.

Sukses Thalia diikuti Ivana Beatrice Liestio yang tampil di kategori Junior A dengan merebut medali emas Daoshu usai mengantongi nilai 9,200 poin.

Medali perak direbut Xue Ling Kassandra Ong dari Singapura dengan mengumpulkan 9,100 poin dan perunggu diraih Kai Xin Wang asal Malaysia dengan 9,016 poin.

Sementara Richard Dean Kurnia yang turun di permainan Daoshu kategori Junior C Putra harus puas meraih medali perunggu usai mengumpulkan 8,766 poin.

Medali emas menjadi milik atlet Singapura, Suang Hang Ronan Tan, dengan mengumpulkan 8,826 poin dan Ronn Lee dari Malaysia meraih perak dengan 8,773 poin.

Baca juga: Jokowi terima penghargaan tertinggi dari Federasi Wushu Internasional
Baca juga: Jokowi: Kejuaraan Dunia Wushu Junior pererat persaudaraan antarbangsa
Baca juga: IWUF apresiasi kesiapan Indonesia jadi tuan rumah WJWC 2022

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022