Jakarta (ANTARA) - XBC Sportech dan WBC Asian Boxing Council sukses menggelar sertifikasi untuk perangkat pertandingan tinju di FX Sudirman, Senayan, Jakarta, yang berakhir, Rabu.

Selama dua hari, Selasa (6/12) dan Rabu (7/12), sebanyak 15 peserta mendapat pelatihan dari instruktur WBC Asian Boxing Council Thawuth Pluemsamran, yang juga kepala komite ring official WBC Asia dan WBC Muaythai.

CEO XBC Sportech Urgyen Rinchen Sim mengatakan Ring Officials Certification by WBC Asian Boxing Council merupakan langkah penting untuk menciptakan perangkat pertandingan tinju profesional.

"Dunia tinju Indonesia mulai berkembang dan tentunya di dalam dunia tinju tidak hanya petinju, promotor, dan pemangku kepentingan yang lain. Harus juga memiliki perangkat-perangkat seperti juri dan wasit," ujar Sim kepada pewarta di FX Sudirman, Rabu.

"Ketika mengirimkan atlet kita ke luar negeri, paling tidak ada komponen-komponen pendukungnya," ujar Sim menambahkan.

Sim juga mengatakan kegiatan kali ini juga merupakan kaderisasi dari juri dan wasit tinju di Indonesia.

"Dengan segala rasa hormat, kita mungkin sudah memiliki banyak wasit dan juri yang sudah senior dan berkompeten. Kali ini mencoba untuk kaderisasi," kata Sim menambahkan.

Dari 15 peserta yang lulus, lanjut Sim berusia rata-rata di bawah 45 tahun. Bahkan, 40 persen di antaranya adalah perempuan.

Adapun menyoal pemateri dalam pelatihan kali ini, lanjut Sim, Thawuth Pluemsamran adalah sosok dalam olahraga tinju yang berpengalaman.

Lebih dari 30 tahun Pluemsamran telah berkecimpung dalam olahraga adu jotos dengan memimpin berbagai pertandingan baik di tingkat regional, internasional kelas dunia.

Dengan kegiatan yang baru kali pertama dilakukan di Indonesia, Sim berharap ke depan Indonesia memiliki wasit dan juri tinju kelas dunia.

"Tentunya saya berharap semua peserta nanti dapat berkontribusi dengan baik sebagai seorang juri yang profesional. Sama-sama mengembangkan olahraga tinju indonesia sehingga bisa dikenal lebih luas," kata Sim.

Berikut daftar peserta yang lulus Ring Officials Certification by WBC Asian Boxing Council:

1. Joshua Hamilton
2. Jocelyn Hamilton
3. Evelyn Simajaya
4. Bayu Aryo Nugroho
5. Fajri Shidqi
6. Cindy Cesaria
7. Wahyu Hidayat
8. M. Fauzanuni H.
9. Hafiz Hermawan
10. Tita Herawati
11. Kenny Destina
12. Sri Tjahyandari
13. Fitriono
14. Erik Gustam
15. Saepul Indrawan

Baca juga: Hebi Marapu bidik sabuk juara IBA Intercontinental di penghujung 2022

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022