Gianyar (ANTARA) - Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan datang langsung ke Bali, Rabu, mengecek persiapan tim nasional sepak bola senior menjelang Piala AFF 2022, salah satunya saat mereka mengikuti pemusatan latihan di Training Ground Bali United, Pantai Purnama, Gianyar.

Mochamad Iriawan mengikuti sesi latihan timnas senior sejak mereka berlatih di pusat kebugaran (gym) pada Rabu pagi, dan saat para pemain mengikuti latihan fisik dan taktik pada sore hari di Pantai Purnama.

“Saya melihat ada peningkatan fisik para pemain,“ kata Mochamad Iriawan pada sela-sela kegiatannya di Training Ground Bali United, Pantai Purnama, Gianyar, Rabu.

Ketum PSSI juga menyampaikan ia sempat berdiskusi panjang dengan Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (STY) membahas perkembangan performa timnas selama sesi pemusatan latihan (TC) dan mendengar kesulitan yang dihadapi oleh pelatih.

“Tadi disampaikan pelatih, kerja sama antarpemain sudah baik sekali, tadi kami sempat berdiskusi dengan Coach Shin saat makan siang selama 2 jam membahas timnas senior, World Cup (Piala Dunia, red.) dan sebagainya,” kata dia.

Oleh karena itu, ia berharap timnas senior dapat memberikan hasil yang maksimal saat nanti berlaga di Piala AFF pada 20 Desember 2022–16 Januari 2023.

Baca juga: Ketua Umum PSSI ingatkan klub kesepakatan bangun timnas tangguh

Timnas senior telah menjalani pemusatan latihan di Bali, tepatnya di Training Ground Bali United, Pantai Purnama, dan di Stadion Kapten I Wayan Dipta — markas Bali United FC — di Gianyar. Latihan perdana berlangsung pada 28 November lebih cepat dari jadwal yang semula direncanakan pada awal Desember 2022.

Di pemusatan latihan untuk Piala AFF 2022, STY memanggil lebih dari 20 pemain, di antaranya untuk posisi kiper ada Nadeo Arga Winata, Muhammad Riyandi, dan Syahrul Trisna.

Kemudian di posisi bek, ada Asnawi Mangkualam, Elkan Baggott, Jordi Amat, Sandy Walsh, Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho, Muhammad Ferrari, Pratama Arhan, Hansamu Yama, Andy Setyo, dan Edo Febriansyah.

Di posisi tengah, STY memanggil Marc Klok, Syahrian Abimanyu, Marselino Ferdinan, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Dzaky Asraf, Yakob Sayuri, Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, dan Saddil Ramdani.

Terakhir untuk pemain posisi menyerang, ada Dimas Drajad, Muhammad Rafli, Dendy Sulistyawan, Ramadhan Sananta, dan Ilija Spasojevic.

Di Piala AFF 2022, Indonesia masuk dalam Grup A bersama Thailand, Filipina, Kamboja, dan Brunei.

Indonesia bakal melawan Kamboja pada laga perdananya di Grup A Piala AFF 2022 pada 23 Desember. Pertandingan itu dijadwalkan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, yang rencananya menjadi stadion kandang Indonesia di Piala AFF 2022.

Tiga hari kemudian, Indonesia bertandang menghadapi Brunei Darussalam, kemudian menjamu Thailand pada 29 Desember 2022. Terakhir, Indonesia akan melawan Filipina di markasnya pada 2 Januari 2023.

Baca juga: PSSI: Endri Erawan dan Sumardji manajer timnas di Piala AFF 2022
Baca juga: Pelatih fokus tingkatkan kondisi fisik pemain timnas Indonesia
Baca juga: Menpora belum pastikan Piala AFF 2022 dapat ditonton di stadion

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022