pasca-gempa ini mayoritas penyintas khususnya yang menghuni tenda-tenda darurat kondisi rambut dan jenggot tidak tertata karena keterbatasan alat cukur.
Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) membuka layanan cukup rambut dan jenggot gratis untuk para penyintas bencana gempa bumi yang mengungsi di sejumlah pengungsi di wilayah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

"Kami membuka layanan ini karena pasca-gempa yang terjadi pada Senin, (21/11) lalu warga atau penyintas kesulitan mencari jasa pangkas rambut, kebetulan ada beberapa relawan PMI yang memiliki keahlian cukur rambut sehingga kami membuka layanan ini," kata kata salah seorang relawan PMI Kabupaten Cianjur Dani Supiandi, Rabu.

Menurut Dani, dibukanya layanan pangkas rambut gratis ini merupakan hasil assessment yang dilakukan oleh sejumlah relawan PMI yang menanyakan kepadanya penyintas terkait kebutuhan yang salah satunya pangkas rambut.

Sebab harus diakui pasca-gempa ini mayoritas penyintas khususnya yang menghuni tenda-tenda darurat kondisi rambut dan jenggot tidak tertata karena keterbatasan alat cukur. Ternyata setelah layanan ini dibuka cukup banyak peminatnya baik dewasa maupun anak-anak.

Ia pun turun tangan langsung untuk melayani warga yang ingin rambutnya dirapihkan. Keahliannya dalam memangkas rambut didapatnya secara otodidak dan ilmunya itu bisa dimanfaatkan untuk memberikan bantuan berupa pangkas rambut gratis.

"Layanan pangkas rambut gratis ini, sudah masuk dalam program pelayanan ini PMI yang dalam memberikan layanannya tidak hanya di posko saja, tetapi mendatangi para penyintas yang tinggal di sejumlah titik," tambahnya.

Dani pun mengimbau kepada penyintas yang ingin rambutnya dirapihkan bisa menghubungi dirinya langsung atau ke relawan PMI lainnya, ia memastikan akan memberikan layanan tersebut. Meskipun lelah, ia tetap memberikan layanan agar bisa melihat para penyintas kembali tersebut yang menjadi obat penawar lelah dirinya.
Baca juga: BNPB salurkan dana stimulan untuk 8.341 KK penyintas gempa Cianjur
Baca juga: BNPB targetkan relokasi warga terdampak gempa Cianjur Juni 2023
Baca juga: Kemensos fasilitasi dokumen kependudukan penyintas gempa Cianjur

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2022