Jakarta (ANTARA) - Ganda putra Indonesia Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan memastikan satu tiket semifinal BWF World Tour Finals 2022 setelah lawannya, Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi, mengalahkan wakil Malaysia Aaron Chia/Soh Wooi Yik pada laga kedua Grup B, Kamis.

Liu/Ou dan Ahsan/Hendra saat ini sama-sama mempunyai dua kemenangan dari dua pertandingan fase grup sehingga para pesaingnya di Grup B sudah tidak mungkin lagi menyamakan keadaan pada satu pertandingan tersisa.

Dengan hasil itu maka Ahsan/Hendra bersama Liu/Ou pun berhak melaju ke babak empat besar dari Grup B. Kedua pasangan akan saling berhadapan pada Jumat besok untuk menentukan juara grup.

“Pertama alhamdulillah bersyukur bisa mencapai target lolos grup dan ke semifinal," ucap Ahsan dalam pernyataan tertulis PBSI di Jakarta, Kamis.

"Untuk besok, kami akan diskusi dulu apa strategi yang akan kami pakai. Yang pasti kami mau performa ini terus terjaga," kata Hendra menimpali.

Pasangan yang sudah tiga kali juara BWF World Tour Finals itu memang langsung tancap gas sejak bergulirnya BWF World Tour Finals 2022. Setelah menundukkan Aaron/Soh dua gim langsung, pasangan berjuluk The Daddies itu juga sukses meraih kemenangan straight game atas wakil Denmark Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen.

Baca juga: Jonatan rebut satu poin usai kalahkan juara dunia pada penyisihan WTF
Baca juga: Ginting amankan kemenangan kedua pada penyisihan WTF 2022


Berbeda dengan Ahsan/Hendra, Fajar/Rian yang juga sudah mengemas dua kemenangan masih harus bersabar untuk lolos ke babak semifinal dari Grup A. Fajar/Rian baru bisa memastikan lolos apabila menang melawan Ong Yew Sin/Teo Ee Yi asal Malaysia pada laga pemungkas, Jumat.

Fajar/Rian juga berhasil meraih kemenangan dua gim saat menghadapi wakil Korea Selatan Choi Sol Gyu/Kim Won Ho dan pasangan Jepang Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.

Pada pertandingan lain, dua tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie kompak menang atas lawannya masing-masing di laga kedua. Jojo menundukkan juara dunia asal Singapura Loh Kean Yew melalui rubber game, diikuti Anthony yang memetik kemenangan kedua usai mengalahkan Chou Tien Chen.

Sementara itu, tiga wakil Indonesia lainnya di tiga nomor berbeda gagal menang di laga kedua. Ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti takluk kepada pasangan China Zhang Shu Xian/Zheng Yu dua gim langsung 14-21, 19-21.

Namun Apriyani/Fadia masih mempunyai harapan lolos ke semifinal apabila mampu mengalahkan pasangan China unggulan pertama Chen Qing Chen/Jia Yi Fan pada laga terakhir, Jumat.

Kekalahan juga diderita Gregoria Mariska Tunjung atas wakil Korea Selatan An Se Young 9-21, 21-11, 10-21. Tunggal putri Indonesia juga masih punya harapan lolos seandainya bisa mengalahkan wakil Jepang Akane Yamaguchi pada laga terakhir.

Demikian juga dengan ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari yang tunduk kepada unggulan pertama China Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong 9-21, 20-22.

Baca juga: Pelajari taktik Hoki/Kobayashi jadi faktor kemenangan Fajar/Rian
Baca juga: Apriyani/Fadia punya harapan di laga pemungkas grup World Tour Finals
Baca juga: Gregoria kurang sabar hadapi An Se Young di BWF World Tour Finals

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022