posisi fiskal negara-negara berpenghasilan rendah "semakin tertekan karena pemerintah menggenjot pengeluaran untuk mengatasi dampak pandemi....
Washington (ANTARA) - Negara-negara berpenghasilan rendah akan membutuhkan hampir 500 miliar dolar AS dalam pembiayaan eksternal selama periode 2022-2026, Dana Moneter Internasional (IMF) mengatakan pada Kamis (8/12/2022), meningkat sekitar 57 miliar dolar AS dari perkiraan tahun lalu karena sebagian besar limpahan dari perang Rusia di Ukraina.

IMF mengatakan dalam makalah kebijakan baru bahwa perang Ukraina, yang telah memperburuk inflasi dengan kenaikan besar dalam harga pangan, energi dan pupuk global, akan memperlambat pemulihan negara-negara berpenghasilan rendah dari pandemi COVID-19 dan lebih lanjut menunda pendapatan per kapita konvergensi dengan ekonomi yang lebih maju.

IMF mengatakan posisi fiskal negara-negara berpenghasilan rendah "semakin tertekan karena pemerintah menggenjot pengeluaran untuk mengatasi dampak pandemi dan perang di Ukraina, dan untuk melindungi mereka yang rentan dari harga pangan dan bahan bakar yang tinggi. Akibatnya, kerentanan utang telah meningkat."

Baca juga: China-IMF berjanji perkuat koordinasi kebijakan makro

Dikatakan pertumbuhan pada 2022 di negara-negara tersebut telah kehilangan momentum, sementara percepatan inflasi yang cepat telah melebarkan defisit fiskal.

Sementara itu indikator kesinambungan utang belum mencapai tingkat yang terlihat pada malam peluncuran prakarsa Negara-Negara Miskin Berutang Berat (Heavily Indebted Poor Countries/HIPC) IMF-Bank Dunia tahun 1996, pergeseran lanskap kreditur ke arah non-Paris Club dan kreditor swasta "membawa tantangan baru untuk restrukturisasi utang yang cepat dan teratur," kata IMF.

China telah menjadi kreditor bilateral terbesar di dunia dalam beberapa tahun terakhir, menuai kritik yang meningkat dari negara-negara Barat karena keengganannya untuk memberikan keringanan utang kepada negara-negara berkembang yang tertekan.

Prakiraan terbaru IMF datang sehari setelah Bank Dunia mengeluarkan laporan baru tentang meningkatnya beban utang untuk negara-negara termiskin di dunia, memprediksi bahwa mereka sekarang akan membelanjakan lebih dari sepersepuluh dari pendapatan ekspor mereka -- 62 miliar dolar AS -- untuk melayani utang bilateral eksternal, proporsi tertinggi sejak 2000.

Baca juga: IMF, Bank Dunia sambut positif pelonggaran kebijakan antipandemi China

IMF mengatakan bahwa kebutuhan pendanaan eksternal 2022-2026 untuk negara-negara berpenghasilan rendah yang bertujuan mengatasi warisan pandemi COVID-1, mempercepat pertumbuhan pendapatan yang terhenti, dan membangun kembali penyangga eksternal akan berjumlah sekitar 440 miliar dolar AS, hampir sama dengan perkiraan satu tahun lalu untuk periode 2021-2025.

Tetapi tambahan kebutuhan pendanaan 2022-2023 yang dipicu oleh perang Ukraina akan membuat totalnya menjadi setidaknya 497 miliar dolar AS, kata IMF.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022