Kedua perusahaan itu dibanjiri uang tunai dari harga tersebut dan pemotongan biaya di masa lalu, dan telah meningkatkan pembayaran ke pemegang saham secara tajam.
Houston (ANTARA) - Exxon Mobil Corp dan Chevron Corp - mengungkapkan rencana untuk meningkatkan pengeluaran pada proyek-proyek energi tahun depan di tengah permintaan dan harga minyak yang tinggi.

Meskipun menghabiskan lebih banyak, itu akan menjadi kurang dari setengah gabungan 84 miliar dolar AS yang mereka habiskan pada 2013, ketika harga minyak sering diperdagangkan di atas 100 dolar AS per barel seperti tahun ini.

Kedua perusahaan itu dibanjiri uang tunai dari harga tersebut dan pemotongan biaya di masa lalu, dan telah meningkatkan pembayaran ke pemegang saham secara tajam.

Baca juga: Minyak naik di awal sesi Asia setelah capai posisi terendah 2022

Fokus pada pengembalian pemegang saham telah menyebabkan tekanan dari Gedung Putih. Pemerintahan Biden mengkritik perusahaan minyak karena tidak menaikkan produksi minyak mereka untuk membantu menurunkan harga kepada konsumen. Namun, anggaran tahun depan tetap dalam kisaran masing-masing ditetapkan sebelum perang di Ukraina menyebabkan kekurangan energi global.

Exxon mengatakan akan meningkatkan investasi proyek tahun depan menjadi antara 23 miliar dolar AS hingga 25 miliar dolar AS, naik dari proyeksi 22 miliar dolar AS tahun ini. Chevron mengatakan berencana membelanjakan 17 miliar dolar AS, naik dari sekitar 15 miliar dolar AS tahun ini. Kenaikan termasuk uang baru untuk proyek pengurangan emisi dan dampak inflasi.

Pengeluaran yang lebih tinggi tidak akan segera menghasilkan lebih banyak produksi. Exxon memperkirakan produksi tahun depan akan datar di sekitar 3,7 juta barel minyak per hari, sementara Chevron memperkirakan kenaikan tahunan rata-rata gabungan lebih dari 3,0 persen hingga 2026.

Exxon akan kehilangan targetnya untuk memompa 1 juta barel per hari dari operasi Permian sekitar dua tahun, CEO Exxon Darren Woods mengatakan pada Kamis (8/12/2022). Sekarang bertujuan untuk mencapai antara 900.000-1 juta barel per hari pada tahun 2027.

Baca juga: Pertamina NRE-Keppel Infrastructure-Chevron eksplorasi hidrogen hijau

Perubahan terbesar adalah jumlah uang tunai yang diperoleh. Exxon melihat potensi surplus kas sebesar 100 miliar dolar AS pada tahun 2027, dengan asumsi harga minyak dunia 60 dolar AS per barel. Chevron akan menghasilkan sekitar 34 miliar dolar AS arus kas bebas tahun depan, menurut penelitian ekuitas Jefferies, dua kali lipat tingkat investasi minyaknya.

"Ini menyisakan banyak ruang untuk M&A oportunistik, meningkatkan pembelian kembali atau bahkan leverage yang lebih rendah dengan tujuan untuk meningkatkan pembelian kembali dengan harga saham yang lebih rendah," kata analis ekuitas Jefferies, Lloyd Byrne dan Sam Burwell.

Produsen AS dan Eropa juga telah memulihkan sebagian pengeluaran proyek yang dipangkas selama pandemi. Shell tahun ini meningkatkan belanja modal sebesar 22 persen menjadi antara 23 miliar dolar AS hingga 27 miliar dolar AS. BP tahun ini memperluas pengeluaran proyek sebesar 21 persen menjadi 15,5 miliar dolar AS dari tahun lalu.

Lima perusahaan besar barat membukukan rekor laba tahun ini, dan saham Exxon dan Chevron telah mencapai rekor tertinggi dalam sejarah kuartal ini.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022