Banyuwangi (ANTARA) - Kabupaten Banyuwangi di Jawa Timur dikenal kaya dengan berbagai destinasi wisata alam yang beragam dan masih natural. Hal itu membuat kontur jalan menuju lokasi menjadi cukup menantang untuk diterjang. 

ANTARA berkesempatan untuk menjajal dua mobil dari Morris Garage (MG Motor) yaitu MG ZS dan MG HS. Berikut ulasan singkatnya.

MG ZS

Sporty adalah kesan pertama yang didapatkan dari kendaraan utilitas sport (SUV) ini. Tak hanya gagah secara tampilan, mobil ini juga cukup tangguh dalam menerjang berbagai kontur jalanan di kabupaten terluas di Jawa Timur tersebut.

Baca juga: MG Motors ungkap tantangan terbesar 2022 adalah soal "chip"

Perjalanan dari Bandara Internasional Banyuwangi menuju Taman Nasional Baluran memakan waktu kurang lebih 1 jam 30 menit, dengan jarak tempuh sejauh 65 kilometer.
 
MG ZS yang difoto di kawasan Taman Nasional Baluran, Situbondo, Jawa Timur, Rabu (7/12/2022). (ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)


Perjalanan yang cukup lama memaksa pengendara untuk betah berada di dalam mobil. Tak perlu khawatir karena mobil ini memiliki interior yang cukup lenggang dan nyaman. Selain itu, terdapat fitur hiburan hingga sunroof yang bisa dimainkan, membuat petualangan di padang sabana, hutan, hingga pantai menjadi lebih menyenangkan.

Konsumsi BBM pada MG ZS bisa lebih irit jika dipadukan dengan cara mengemudi yang tepat karena dipersenjatai CVT 8-speed automatic transmission.
Interior MG ZS yang difoto di kawasan Taman Nasional Baluran, Situbondo, Jawa Timur, Rabu (7/12/2022). (ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)



ANTARA juga mengendarai mobil ini saat menuju Kunang-Kunang Tent Resort. Berbeda dengan perjalanan sebelumnya, bentuk jalanannya lebih menantang karena mobil harus beradu dengan tanjakan, turunan, hingga jalanan bebatuan.

Mobil dilengkapi dengan fitur Hill Start Assist yang menjaga kendaraan tidak meluncur mundur pada saat jalanan menanjak. Ada juga fitur Hill Descent Control yang menjaga kecepatan mobil tetap aman di turunan tajam dalam kondisi jalanan naik dan berkelok.
MG HS yang difoto di kawasan De Djawatan, Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (8/12/2022). (ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)



MG HS
Menuju lokasi-lokasi berikutnya, ANTARA juga menaiki SUV MG lainnya, yaitu MG HS. Kendaraan ini memiliki fitur dan kenyamanan yang rasanya lebih tinggi jika dibandingkan dengan model ZS.

MG HS merupakan SUV lima penumpang yang tak kalah sporty dan elegan khas desain Inggris. Ditambah, bagian star rider grille-nya menjadi salah satu daya tarik yang kuat dari mobil ini.
MG HS yang difoto di kawasan De Djawatan, Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (8/12/2022). (ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)


Saat dikendarai menuju kawasan Hutan De Djawatan, mobil dapat melenggang dengan cepat karena ditenagai mesin turbo DOHC 4 silinder berkubikasi 1.490 cc yang dapat menyuplai daya sebesar 162 Ps atau 159 tk di rpm 5.600, serta torsi mencapai 250 Nm pada putaran 1.700-4.400 rpm. Tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi Twin Clutch Sportronic Transmission (TS) 7 percepatan.

Selain dapat melesat dengan lincah, mobil ini juga nyaman di kursi penumpang.

Kekuatan tenaganya diimbangi oleh faktor keselamatan yang diklaim memiliki rating bintang lima dari Euro NCAP (European New Car Assessment Program) dan ANCAP (Australasian New Car Assessment Program), serta tak ketinggalan hadirnya berbagai fitur terkini lainnya.

Baca juga: Siap-siap, MG Motor bakal bawa mobil hibrida ke Indonesia

Baca juga: MG Motor ungkap akan perluas investasi di Indonesia

Baca juga: MG Motor bakal siapkan 3 mobil baru di 2023, ini bocorannya
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022