Magelang (ANTARA) - Borobudur Marathon Fun Run 2022 yang digelar di sekitar Candi Pawon Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Minggu, menandai penutupan rangkaian kegiatan Borobudur Marathon 2022.

Panitia Penyelenggara "Borobudur Marathon 2022 Powered by Bank Jateng"
Budhi Sarwiadi di Magelang, Minggu, mengatakan lebih dari 10 ribu pelari berpartisipasi dalam Borobudur Marathon 2022 yang sukses menjadi ajang wisata olahraga yang berkontribusi pada perekonomian lokal.

"Menutup rangkaian ajang Borobudur Marathon 2022, hari ini dihelat Borobudur Marathon Fun Run 2022," katanya.

Ia menyampaikan Borobudur Marathon 2022 adalah ajang pesta bagi para pelari. Atlet elite, pelari muda, pelari umum, serta warga bersama-sama merayakan salah satu acara yang paling dinanti di Magelang ini.

Menurut dia Borobudur Marathon Fun Run 2022 menjadi bentuk apresiasi untuk mereka yang berpartisipasi sebagai anggota kelompok UMKM Pawone, mentor UMKM, anggota panduan sorak (cheering), seluruh warga Magelang, serta semua yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung dalam penyelenggaraan Borobudur Marathon 2022.

Ia menyampaikan ajang lari sejauh tiga kilometer ini diikuti sekitar 1.600 orang yang sebagian besar merupakan warga Magelang.

Garis start dan finish Borobudur Marathon Fun Run 2022 mengambil tempat di Jalan Candi Pawon, Kabupaten Magelang. Dalam kegiatan tersebut disertai bazar kuliner dan kriya Pasar Harmoni serta beragam acara hiburan. Berbagai doorprize juga tersedia, antara lain lemari es, televisi, sepeda gunung, laptop, ponsel, dan voucer belanja.

Rangkaian Borobudur Marathon 2022  diawali dengan "Bank Jateng Friendship Run 2022" yang diadakan pada 21 Agustus 2022 di Semarang, 11 September 2022 di Jakarta, 25 September 2022 di Medan, dan 9 Oktober 2022 di Makassar.

Jelang kompetisi utama Borobudur Marathon 2022, diadakan Race Expo di Grand Artos Hotel & Convention pada 11–12 November 2022. Selanjutnya, acara utama Borobudur Marathon Elite Race dan Bank Jateng Young Talent dihelat pada 12 November 2022, sedangkan Bank Jateng Tilik Candi dilaksanakan pada 13 November 2022.

Borobudur Marathon adalah ajang kompetisi lari yang ikonik di Jawa Tengah dan salah satu penyelenggaraan maraton paling bergengsi di Tanah Air.

Borobudur Marathon Powered by Bank Jateng sejak mula dirancang dengan semangat membangkitkan wisata olahraga atau sport tourism di kawasan Magelang sekitarnya.

Camat Borobudur Subianto menyampaikan saya sangat apresiatif dengan panitia penyelenggara yang telah menyelenggarakan ajang tahunan Borobudur Marathon, ini merupakan kegiatan yang selalu didambakan dan dilaksanakan setiap tahun.

"Konsep yang dibangun dalam kegiatan ini sangat merakyat, artinya dari sisi partisipasi masyarakat sangat bagus, konsep inilah yang memang seharusnya terjadi di Borobudur. Setiap event yang terjadi masyarakat bisa menikmati kegiatan, baik dari sisi sosial maupun ekonomi," katanya.

Ia berharap tahun depan Borobudur Marathon bisa terlaksana lebih baik lagi. 


Baca juga: Borobudur Marathon 2022 tingkatkan jumlah pengunjung candi
Baca juga: Khairullah pertama kali ikut Borobudur Marathon langsung raih juara
Baca juga: Dua pemenang nomor elite Borobudur Marathon 2022 catat "personal best"

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2022