Jakarta (ANTARA) - Volkswagen menunda keputusannya untuk membangun pabrik baterai mobil listrik di Eropa timur setelah tahun 2022, yang menunjukkan ketidakpastian ekonomi dan harga energi yang tinggi di wilayah tersebut.

"Volkswagen AG dan perusahaan baterainya PowerCo terus mengevaluasi lokasi yang cocok untuk gigafactory berikutnya di Eropa," kata pembuat mobil tersebut, seperti disiarkan Reuters beberapa waktu lalu.

"Tidak ada tekanan untuk bertindak karena kami mengambil lebih banyak waktu untuk pengambilan keputusan mengingat keadaan saat ini," kata mereka, menambahkan bahwa saat ini tidak ada dampak terhadap rencana dimulainya konstruksi atau dimulainya produksi.

Baca juga: VW tarik kembali lima unit VW Golf R 2016 karena masalah wiper

Uni Eropa khawatir akan eksodus investasi ke Amerika Serikat sehubungan dengan subsidi energi hijau yang ditawarkan perusahaan di bawah Undang-Undang Pengurangan Inflasi, sama seperti harga energi di Eropa mencapai rekor tertinggi dengan pasokan tahun depan masih tidak aman.

Northvolt Swedia mengatakan pada bulan Oktober mungkin memprioritaskan perluasan pabrik baterainya di Amerika Serikat daripada Eropa mengingat lanskap energi Eropa.

Dalam sebuah wawancara, kepala merek Volkswagen Thomas Schaefer mengatakan harga energi Eropa membuat sulit untuk memberikan alasan kepada pemegang saham mengapa pembuat mobil akan membangun pabrik baterai di sana.

"Jika Anda memiliki opsi untuk membangun pabrik baterai di Eropa, di mana biaya listrik 15 sen per kilowatt jam, tetapi Anda bisa mendapatkannya di China atau Amerika dengan 2-3 sen, kami tidak dalam posisi di bawah undang-undang korporasi saham untuk mengatakan kami akan melakukannya di sini karena solidaritas," kata Schaefer.

"Ini adalah topik hangat dan orang sering meremehkan betapa rumitnya untuk bergerak maju di sini," tambahnya.

Pabrik Eropa timur akan menjadi yang keempat di bawah rencana mantan CEO Herbert Diess untuk membangun enam pabrik serupa dengan mitra di seluruh Eropa pada akhir dekade ini.

Lokasi yang dipertimbangkan meliputi Republik Ceko, Hongaria, Polandia, dan Slovakia.

Baca juga: NEV praseri pertama Volkswagen Anhui meluncur dari lini produksi

Baca juga: Volkswagen investasi Rp7,5 triliun produksi ID.3 listrik di Wolfsburg

Baca juga: Volkswagen lanjutkan produksi di pabrik China
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022