Untuk empat orang korban selamat itu, di antaranya tiga orang sudah diperbolehkan pulang untuk rawat jalan.
Padang (ANTARA) - Kapolres Sawahlunto AKBP Purwanto Hari Subekti menyatakan tiga dari empat orang korban selamat dari ledakan tambang batu bara milik PT Nusa Alam Lestari (NAL) sudah diperbolehkan pulang dari rumah sakit usai dirawat.

“Untuk empat orang korban selamat itu, di antaranya tiga orang sudah diperbolehkan pulang untuk rawat jalan, sedangkan satu orang masih dirawat di RSUD Kota Sawahlunto,” katanya dalam keterangan tertulis di Padang, Minggu.

Ia mengatakan korban menjalani perawatan di Ruangan Intensive Care Unit (ICU) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Sawahlunto.

"Saudara Arif merupakan salah seorang korban yang dirawat intensif, karena luka bakar akibat kejadian ledakan di lubang tambang batu bara bawah tanah PT Nusa Alam Lestari (NAL)," katanya pula.

Dia mengatakan melihat korban yang terbaring dengan kondisi tubuh luka bakar, dirinya ikut prihatin atas tragedi kecelakaan kerja di lubang tambang batu bara itu.

Ia menyampaikan pesan kepada korban beserta keluarga untuk semangat agar cepat sembuh, dan selalu bersabar dalam menerima ujian yang diberikan oleh Allah SWT.

"Tidak ada segala sesuatu yang datang menimpa diri kita kecuali terjadi atas izin dari-Nya. Untuk itu kita tetap semangat, dan kami doakan semoga saudara Arif cepat sembuh sehingga bisa beraktivitas seperti sedia kala," kata dia

Dirinya berharap pihak rumah sakit dan pihak-pihak terkait untuk selalu berkoordinasi serta berkolaborasi dalam memberikan penanganan lebih lanjut sehingga korban cepat pulih.

“Para korban telah mendapatkan penanganan sangat baik oleh tim medis dari RSUD Kota Sawahlunto yang berkompeten dan profesional, sehingga diharapkan semuanya bisa terselesaikan dengan baik,” kata dia.

Sebelumnya, Kapolda Sumbar Inspektur Jenderal Polisi Suharyono menyatakan gas metana diduga menjadi penyebab terjadinya ledakan di lubang tambang SD C2 (Lori 2) milik PT Nusa Alam Lestari di Kota Sawahlunto, Sumatera Barat pada Jumat (9/12) pagi pukul 08.30 WIB.

"Laporan yang saya terima sejauh ini memang diduga kuat akibat adanya gas metana yang memicu terjadinya ledakan, namun kami akan turunkan tim khusus dari Polda Sumbar untuk melakukan penyelidikan," katanya pula.

Ia mengatakan polisi akan melakukan pengecekan ulang dan mengkaji standar operasional tambang yang dalam kedalaman tertentu memang terdapat gas metana.

"Seharusnya ada standar keselamatan jika ada letupan akibat gas metana, namun kami akan melakukan penyelidikan," katanya lagi.

Total ada 14 orang yang tertimbun di dalam lubang tambang batu bara tersebut, dan 10 orang dinyatakan meninggal dunia, serta empat orang selamat namun harus menjalani perawatan di RSUD Sawahlunto.
Baca juga: Kapolda sebut gas metana diduga penyebab ledakan tambang di Sawahlunto
Baca juga: Kemarin, korban ledakan di Sawahlunto hingga korupsi musuh bersama


Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022