Manokwari (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Pelayanan Pelanggan Manokwari, Papua Barat, menjamin ketersediaan pasokan listrik saat perayaan Natal dan Tahun Baru di wilayah itu.

Manajer PLN UP3 Manokwari Fredrik M Noriwari di Manokwari, Senin, mengatakan ketersediaan daya listrik di Manokwari saat ini mencukupi dengan cadangan daya sebesar 12 megawatt (MW).

"Untuk sistem Manokwari sendiri total daya mampu yang ada 44,4 MW dengan beban puncak sebesar 32 MW. Kami masih punya cadangan daya 12 MW, sehingga sistem kita aman," ungkap Fredrik.

Sehubungan dengan itu, baru-baru ini jajaran PLN UP3 Manokwari melaksanakan gelar pasukan peralatan untuk memastikan kehandalan listrik selama Natal dan Tahun Baru.

Fredrik menyebut sebanyak 92 personel akan disebar di beberapa wilayah PLN UP3 Manokwari yang mencakup Kota Manokwari, Prafi, Bintuni hingga Wasior.
Baca juga: Kementerian ESDM sebut listrik 24 jam tingkatkan ekonomi di Papua

Puluhan personel itu akan bersiaga penuh selama 24 jam selama Natal dan Tahun Baru. "Pelaksanaan apel ini merupakan bentuk komitmen PLN dalam memastikan keandalan pasokan listrik selama berlangsungnya perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023," kata Fredrik.

Selain kesiapan personel, PLN juga melakukan pengecekan peralatan kerja serta memastikan kesiapan dari segi peralatan seperti peralatan penunjang yang telah disiapkan.

Dalam apel itu, PLN menegaskan pelaksanaan persiapan dengan semakin intens melaksanakan pemeliharaan jaringan dan memastikan personel sigap dan siap sedia segera melakukan perbaikan bila terjadi gangguan.

"Didukung dengan personel tenaga teknik, PLN juga menambah dengan material fast moving untuk mendukung bila terjadi gangguan. Ditambah lagi dengan peralatan yang sudah dicek dengan keadaan baik untuk peralatan kerja dan wajib mengenakan Alat Pelindung diri (APD) serta mengikuti SOP," ujarnya.

Ia mengemukakan bahwa selama perayaan Natal dan Tahun Baru, layanan Contact Center PLN 123 juga tetap siaga 24 jam melayani pelanggan. Apabila ada masalah terkait gangguan listrik dan pengaduan lain, pelanggan dapat menghubungi melalui aplikasi PLN mobile.

Baca juga: PLN dorong peningkatan rasio desa berlistrik di Papua
Baca juga: PLN Papua terus dukung produktivitas sektor pertanian
 
Manajer PLN UP3 Manokwari Fredrik M Noriwari foto bersama dengan 92 personel yang akan bersiaga penuh selama perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. (ANTARA/HO-PLN UP3 Manokwari)

 

Pewarta: Evarianus Supar
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2022