Jakarta (ANTARA) - Mobil listrik tak hanya menawarkan kepraktisan berkendara dan mobilitas yang ramah lingkungan, namun bisa membuat pengeluaran kepemilikan kendaraan menjadi lebih hemat karena tak perlu membeli bensin.

Wuling Air ev misalnya. Hanya dengan sekali pengisian daya listrik, pengguna bisa berperjalanan sejauh maksimal 200 kilometer (tipe standard range) dan maksimal 300 kilometer (tipe long range), mengutip siaran pers di laman resmi Wuling, Senin.

Pemilik juga tak perlu repot mencari SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) karena Wuling menyediakan system easy charging sehingga bisa di isi ulang di rumah berbentuk Socket Box dan optional Charging Pillar.

Baca juga: Mungil dan serba pink, ini tampilan Wuling KiWi EV Lotso "Toy Story"

Untuk tipe standard, Wuling Air ev dengan kapasitas baterai 14,3 kWH memerlukan waktu pengisian daya 8,5 jam dengan daya 2.0 kW. Sedangkan tipe Long Range berkapasitas baterai 26,7 kWH, hanya perlu waktu 4 jam untuk isi baterai dengan daya 6,6 kW.

Sebagai gambaran, biaya pengisian baterai mobil listrik berkisar Rp1.700 - Rp1.800 per 1.3 kWh. Sedangkan biaya pengisian BBM berkisar Rp10.000 -Rp17.000 per liter (tergantung jenis BBM yang Anda pakai).

Artinya, jika harga pengisian listrik (Rp2.340/1 kWh), maka dana yang diperlukan untuk mengisi Wuling Air ev tipe Long Range dengan 26,7 kWH hanyalah Rp62 ribu.

Harganya lebih murah jika mengisi Air ev varian standar yakni 14,3 kWh sebesar Rp33,4 ribu.

Dengan perhitungan tersebut, mobil listrik hanya membutuhkan biaya pengisian daya sekitar Rp200 ribu untuk perjalanan dari Jakarta ke Bali. Sedangkan pada mobil konvensional, membutuhkan biaya bensin sekitar Rp1,2 juta untuk rute tersebut.

Mengutip siaran pers Kemenperin.go.id, hasil studi dan riset Kementerian Perindustrian dengan menggandeng Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi serta industri otomotif menunjukkan bahwa mobil listrik dinilai mampu menghemat energi hingga 80 persen jika dibandingkan dengan mobil konvensional yang menggunakan BBM.

Penggunaan mobil listrik juga dapat menghemat BBM hingga dua kali lipat jika dibandingkan saat memakai bahan bakar B20.
 
Biaya kepemilikan
Wuling Air ev. (ANTARA/HO/Wuling)


Selain biaya operasional harian yang jauh lebih murah, ongkos perawatan atau biaya kepemilikan Wuling Air ev juga sangat terjangkau karena penggunaan komponen yang lebih sedikit dari mobil konvensional.

Untuk Air ev, Wuling memberikan beragam garansi, salah satunya adalah garansi umum kendaraan 3 tahun/100.000 kilometer. Selain itu Wuling menyediakan garansi komponen inti yang terdiri dari garansi power battery system assembly, drive motor, dan motor controller hingga 8 tahun/120.000 kilometer.

Ada juga garansi reducer, power distribution unit, dan user connection unit sampai 5 tahun/100.000 kilometer dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Wuling juga menyertakan paket bundling pada pembelian Air ev, meliputi portable charger, adapter, power socket box, dan gratis biaya penambahan daya listrik termasuk instalasi serta kabel output dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Untuk harga, Wuling Air ev tipe Standard Range mulai Rp238 juta sedangkan tipe Long Range mulai Rp295 juta dan Rp311 juta untuk tipe Long Range with Charging Pile untuk on the road Jakarta.

Program YES

Menjelang akhir tahun 2022, Wuling menggelar program bertajuk YES (Year End Sale) yang menawarkan berbagai kemudahan untuk kepemilikan Almaz RS, New Cortez, New Confero S termasuk Wuling Air ev.

Untuk Air ev ditawarkan dengan uang muka mulai Rp 25 juta, cicilan mulai Rp 5 juta, serta bundling package meliputi portable charger, adapter dan power socket box.

Ada juga layanan gratis tambahan daya, instalasi, kabel output 5 m: 1 fasa hingga 11 kWh dan 3 fasa hingga 16 kWh.

“Kami melihat antusiasme dan kebutuhan masyarakat untuk membeli kendaraan baru menjelang akhir tahun terus meningkat. Oleh karena itu, kami memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin memiliki lini produk Wuling pilihannya melalui program YES yang berlaku di seluruh Indonesia," kata Dian Asmahani selaku Brand & Marketing Director Wuling Motors dalam siaran resmi.

Untuk model lainnya, Wuling Almaz RS dapat dimiliki dengan uang muka mulai Rp20.000.000 dengan cicilan mulai Rp7.000.000. New Cortez ditawarkan dengan DP mulai Rp13.000.000 serta cicilan mulai dari Rp5.000.000. Sedangkan New Confero S, ditawarkan dengan uang muka mulai Rp12.000.000 dengan cicilan mulai Rp3.000.000 per bulan.

Baca juga: Wuling Air EV ramaikan Gebyar Traveloka

Baca juga: Wuling catat pemesanan 4.000 unit Air EV

Baca juga: Wuling Air ev raih penghargaan Katadata Green Initiative Awards
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022