Hingga Desember 2022 semua program pembangunan 13 BTS baru di Kabupaten Biak Numfo telah rampung 100 persen untuk memenuhi ketersediaan akses internet bagi masyarakat di wilayah 3T (terdepan terluar tertinggal)
Biak (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) melalui Badan Layanan Umum Badan Aksesibilitas Telekomunikasi Indonesia (BLU BAKTI) pada tahun 2022 menambah sebanyak 13 unit pembangunan Base Transceiver Station (BTS) untuk mempercepat akses internet warga kampung di Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadis Kominfo) Biak, Mukhlis Salepu di Biak, Senin, menjelaskan hingga Desember 2022 semua program pembangunan 13 BTS baru di Kabupaten Biak Numfo telah rampung 100 persen untuk memenuhi ketersediaan akses internet bagi masyarakat di wilayah 3T (terdepan terluar tertinggal).

"Kami berterima kasih kepada pemerintah pusat melalui Kemenkominfo karena telah menambah 13 BTS di Kabupaten Biak Numfor, yang sudah selesai terealisasi 100 persen," katanya.

Ia mengatakan pembangunan infrastruktur 13 BTS baru itu menambah jumlah keseluruhan BTS yang sudah dibangun pemerintah pusat lewat Kemenkominfo sampai 2022 mencapai 116 unit BTS.

Penambahan belasan BTS baru di Kabupaten Biak Numfor itu, katanya, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di berbagai kampung supaya dapat menikmati jaringan telekomunikasi yang berkualitas.

"Pembangunan BTS 4G merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital yang inklusif bagi masyarakat bermukim di wilayah 3T di Papua dan Papua Barat," katanya.

Ia mengajak semua warga kampung yang wilayahnya sudah dibangun BTS untuk ikut merawat dan menjaganya karena digunakan untuk kepentingan publik dalam mendapatkan layanan komunikasi dan akses internet yang disediakan pemerintah.

"Dengan ketersediaan BTS maka warga kampung dapat berkomunikasi dengan kerabat, saudara, keluarga dan teman di luar Biak bahkan hingga ke luar negeri," katanya.

Pemerintah terus melakukan pemerataan pembangunan insfrastruktur dasar khusus di bidang komunikasi dan informasi dengan membangun fasilitas fisik BTS baru untuk melayani kebutuhan masyarakat 3T, demikian Mukhlis Salepu.

Baca juga: Diskominfo Biak pasang jaringan layanan internet 19 distrik

Baca juga: Pemkot Jayapura perluas literasi digital di 14 kampung

Baca juga: Bantu warga Jayawijaya mengakses internet, pemerintah tambah BTS

Baca juga: Kapolda Papua: Pembangunan BTS di daerah rawan dihentikan

Pewarta: Muhsidin
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022