Labuan Bajo (ANTARA) - Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi mengajak para wisatawan untuk memanfaatkan liburan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 dengan mendatangi berbagai tempat wisata di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

"Kami selalu memberi jaminan keamanan dan kenyamanan selama berwisata di Labuan Bajo. Jadi, mari berlibur ke destinasi pariwisata super prioritas ini," kata Bupati yang akrab disapa Bupati Edi ini di Labuan Bajo, Senin.

Sebagai salah satu daerah yang mendapatkan predikat super prioritas dan kawasan premium, Labuan Bajo memiliki sejumlah tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi selama liburan.

Dia mengatakan para pelancong bisa mengunjungi kawasan Taman Nasional Komodo seperti Pulau Komodo dan Pulau Rinca untuk melihat dan mengenal lebih jauh tentang Komodo. Mereka pun dapat melakukan pendakian ke Puncak Pulau Padar untuk mengabadikan momen foto bersama orang-orang tercinta dengan pemandangan alam yang indah.

"Selain itu ada berbagai spot wisata untuk snorkeling dan diving yang tidak akan mengecewakan wisatawan," katanya menjanjikan.

Selain pilihan berwisata ke dalam kawasan Taman Nasional Komodo, Bupati Edi mengajak para wisatawan untuk mengunjungi desa-desa wisata yang ada di Manggarai Barat. Menurut dia, desa-desa wisata yang ada memiliki ragam keindahan alam dan budaya masing-masing yang bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Baca juga: BUMN InJourney kembangkan dermaga internasional di Labuan Bajo

"Pada setiap desa wisata ada kerajinan tangan UMKM yang dapat menjadi buah tangan selama berwisata di sini," ucap Bupati Edi.

Mantan Ketua DPRD Manggarai Barat ini juga telah berkoordinasi dan bekerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan yang ada untuk menyiapkan Labuan Bajo sebagai daerah pariwisata yang aman dan menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan nusantara dan mancanegara.

Dinas terkait pun telah melakukan berbagai pelatihan dan pendampingan desa wisata serta pelatihan ekonomi kreatif untuk menambah daya tarik Labuan Bajo.

"Kami juga memiliki berbagai atraksi budaya seperti Tari Caci yang dapat memukau para wisatawan," katanya menambahkan.

Oleh karena itu Bupati Edi mengajak para wisatawan untuk tidak khawatir ketika berlibur ke Labuan Bajo. Dia pun meminta para wisatawan memiliki referensi daftar agen perjalanan resmi untuk berwisata di Labuan Bajo.

"Pastikan legalitas agen perjalanan agar liburan di Labuan Bajo dapat berlangsung dengan aman dan nyaman," katanya mengimbau.

Baca juga: TripAdvisor pilih IndonesiaJuara Trip operator terbaik di Labuan Bajo

Baca juga: Diskparekraf NTT: Tak ada upaya monopoli dalam pengelolaan TN Komodo

Pewarta: Fransiska Mariana Nuka
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2022