Washington (ANTARA) - Utang publik dan swasta global mengalami penurunan terbesar dalam 70 tahun pada 2021 setelah mencapai rekor tertinggi karena dampak COVID-19, tetapi secara keseluruhan tetap jauh di atas tingkat pra-pandemi, Dana Moneter Internasional (IMF) mengatakan pada Senin (12/12/2022).

Dalam sebuah blog yang dirilis bersama Global Debt Monitor perdananya, IMF mengatakan total utang publik dan swasta turun 10 poin persentase menjadi 247 persen Produk Domestik Bruto (PDB) global pada 2021 dari puncaknya 257 persen pada 2020. Bandingkan dengan sekitar 195 persen dari PDB pada 2007, sebelum krisis keuangan global.

Dalam dolar, utang global terus meningkat, meski pada tingkat yang jauh lebih lambat, mencapai rekor 235 triliun dolar AS tahun lalu.

Rasio utang diperkirakan akan turun lebih lanjut di sebagian besar negara pada 2022 mengingat pertumbuhan nominal PDB, tetapi 2023 akan mengantarkan profil yang jauh lebih datar mengingat perkiraan penurunan ekonomi di banyak negara dan meningkatnya biaya pembayaran utang, Direktur Urusan Fiskal IMF Vitor Gaspar mengatakan kepada sebuah panel.

Pemberi pinjaman global mengatakan utang swasta, yang mencakup kewajiban perusahaan dan rumah tangga non-keuangan, mendorong pengurangan keseluruhan, turun 6 poin persentase menjadi 153 persen dari PDB pada 2021, mengutip data dari 190 negara.

Baca juga: IMF: Negara-negara miskin butuh 500 miliar dolar pembiayaan eksternal

Penurunan empat poin persentase untuk utang publik, menjadi 96 persen dari PDB, merupakan penurunan terbesar dalam beberapa dekade, katanya.

Perubahan besar yang tidak biasa dalam rasio utang - atau "rollercoaster utang global" - disebabkan oleh pemulihan ekonomi dari COVID-19 dan memastikan kenaikan inflasi yang cepat, kata IMF.

Dinamika utang sangat bervariasi di seluruh kelompok negara. Negara maju mengalami penurunan utang terbesar, dengan utang publik dan swasta turun 5,0 persen dari PDB tahun lalu, diikuti oleh hasil serupa di pasar negara berkembang, kecuali China.

Tetapi negara-negara berpenghasilan rendah melihat total rasio utang mereka terus meningkat pada 2021, didorong oleh utang swasta yang lebih tinggi, dengan total utang mencapai 88 persen dari PDB.

Paulo Medas, yang mengawasi Monitor Fiskal IMF, mengatakan tingkat utang di negara-negara berpenghasilan rendah sekarang berada pada tingkat tertinggi sejak keringanan utang pada 1990-an dan awal 2000-an.

Baca juga: IMF pangkas perkiraan ekonomi Asia karena perlambatan tajam China

Ada kekhawatiran berkembang tentang kemampuan negara berpenghasilan rendah dan menengah untuk membayar utang mereka, dengan perkiraan 25 persen negara pasar berkembang dan lebih dari 60 persen negara berpenghasilan rendah berada dalam atau dekat kesulitan utang.

Dalam sebuah blog yang dirilis Senin (12/12/2022), Gaspar, Medas, dan Ekonom Senior IMF Roberto Perrelli memperingatkan akan semakin sulit untuk mengelola tingkat utang yang tinggi jika prospek terus memburuk dan biaya pinjaman naik lebih jauh.

Tingkat inflasi yang tinggi terus membantu mengurangi rasio utang pada 2022, tetapi pengeluaran fiskal kemungkinan akan meningkat jika inflasi berlanjut, yang dapat menyebabkan premi yang lebih tinggi, kata mereka.

Mereka mengatakan pemerintah-pemerintah harus mengejar kebijakan fiskal yang membantu mengurangi tekanan inflasi sekarang dan kerentanan utang dalam jangka panjang, sambil terus mendukung yang paling rentan. "Pada saat turbulensi dan kekacauan, kepercayaan terhadap stabilitas jangka panjang merupakan aset berharga," kata mereka.

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022