Semua prestasi yang dicapai, termasuk penghargaan ini tak lepas dari dukungan seluruh pihak dan seluruh rakyat
Jakarta (ANTARA) -
Media industri keuangan terkemuka, Global Finance memberikan predikat World’s Best Banks 2022 di Indonesia kepada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau BRI.
 
Dengan diraihnya penghargaan berskala internasional tersebut, Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan bahwa hal ini tak terlepas dari dukungan dan kepercayaan masyarakat terutama di segmen UMKM yang memang menjadi inti bisnis perseroan, sehingga dalam kondisi sulit BRI konsisten membukukan kinerja positif.
 
“Karena bekerja dengan rakyat, dikelola dengan cara rakyat, dan keuntungan dikembalikan rakyat, maka mestinya, BRI adalah bank yang didukung rakyat. Semua prestasi yang dicapai, termasuk penghargaan ini tak lepas dari dukungan seluruh pihak dan seluruh rakyat,” ujar Sunarso dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Rabu.
 
Penghargaan bergengsi dari Global Finance tersebut tahun ini diselenggarakan untuk yang ke-29 kalinya. Sebagai media industri keuangan terkemuka yang bermarkas utama di New York, Amerika Serikat, Global Finance, melalui pemberian penghargaan ini menyajikan daftar bank terbaik di seluruh dunia, yang mencakup pemenang global, regional, dan nasional dari lebih 150 negara dan regional.
 
BRI menjadi yang terbaik dari Indonesia yang masuk dalam regional Asia Pasifik. Adapun untuk penilaian penghargaan ini, para editor di Global Finance dengan masukan dari analis industri, eksekutif perusahaan, dan pakar teknologi, memilih pemenang World’s Best Banks 2022 menggunakan informasi yang diberikan oleh bank dan pihak independen lainnya berdasarkan serangkaian faktor objektif.
 
Setelah juri mempersempit objek penilaian, variabel lain yang dipertimbangkan adalah ukuran dan pengalaman staf, layanan pelanggan, manajemen risiko, rangkaian produk dan layanan, keterampilan eksekusi, dan penggunaan teknologi. Pemenangnya adalah bank dan penyedia layanan yang paling baik terhadap kebutuhan pemangku kepentingan.
 
Untuk cakupan wilayah regional atau nasional, juri di Global Finance mempertimbangkan kinerja bank dari 1 Januari hingga 31 Desember 2021. Dalam penilaiannya Global Finance memperhitungkan kinerja bank dalam pengetahuan tentang kondisi lokal dan kebutuhan pelanggan, kekuatan dan keamanan keuangan, hubungan strategis dan tata kelola, penetapan harga yang kompetitif, investasi modal, dan inovasi dalam produk dan layanan.
 
Sementara itu, pihak Global Finance mengakui industri perbankan menghadapi pandemi yang masih berlangsung. Tantangan itu diperparah konflik regional di Eropa dengan efek global dan meningkatnya inflasi di masa datang.
 
Belum lagi dampak ekonomi dan kemanusiaan yang berkembang dari perubahan iklim. Tantangan-tantangan tersebut dinilai menjadi tren yang mendorong bank-bank terbaik hadir di tengah persaingan ketat.

Baca juga: Danareksa Investment siap dukung BRI jadi 'The Most Valuable Bank'
Baca juga: BRI: UMKM harus dapat banyak kesempatan masuk pasar internasional
Baca juga: BRI bidik pertumbuhan kredit 9-11 persen di 2023

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022