Jakarta (ANTARA) -
Tim bola voli Jakarta STIN BIN menambah daftar peserta sektor putra pada kompetisi bola voli profesional paling bergengsi di Tanah Air, Proliga 2023 yang dijadwalkan bergulir pada 5 Januari hingga 19 Maret 2023,

Direktur Proliga, Hanny S. Surkatty, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu, mengatakan masuknya Jakarta STIN BIN membuat Proliga musim depan makin kompetitif. Sebelumnya Proliga 2023 juga kedatangan dua tim debutan yakni tim putra Jakarta Bhayangkara Presisi dan tim putri Jakarta BIN.
 
Secara keseluruhan di sektor putra terdapat delapan tim. Selain dua tim debutan, peserta lainnya adalah Jakarta LavAni Allo Bank, Surabaya BIN Samator, Jakarta BNI 46, Jakarta Pertamina Pertamax, Palembang Bank SumselBabel, dan Kudus Sukun Badak,
 
Sementara di bagian putri terdiri dari Bandung Bank bjb Tandamata, Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia, Jakarta Popsivo Polwan, Jakarta Pertamina Fastron, Jakarta Elektrik PLN, dan Jakarta BIN.

Baca juga: Peserta Proliga 2023 wajib daftarkan tujuh pemain sebelum 7 Desember
 
Menurut Hanny, adanya penambahan satu tim ini tidak menambah jumlah kota tempat pertandingan. "Hanya jumlah pertandingan yang bertambah," kata Hanny usai pertemuan virtual yang diikuti seluruh peserta Proliga 2023, Rabu.
 
Tempat pelaksanaan Proliga 2023 meliputi Bandung, Purwokerto, Palembang, Gresik, Malang, Yogyakarta untuk babak reguler putaran satu dan dua.
 
Sedangkan untuk babak empat besar putaran satu dan dua, serta grand final akan dihelat di Gresik, Semarang, dan Solo. Sedangkan grand final di GOR Among Rogo, Yogyakarta, 18 dan 19 Maret 2023.
 
Pada pertemuan, hari ini, pihak Proliga juga menerima tujuh pemain awal dari setiap tim yang akan diturunkan.

Baca juga: Pelatih timnas Kuba tangani Bogor LavAni untuk Proliga 2023
 
"Sebenarnya batas akhir penyerahan tujuh pemain itu 7 Desember 2022 lalu. Tapi karena masih ada yang kamj selesaikan masalah administrasi, termasuk adanya penambahan tim peserta, maka kami tunda," ujar Hanny.
 
Dari nama-nama yang masuk, beberapa pemain lama didaftarkan klub-klub merata. Semisal bintang Surabaya BIN Samator, Rivan Nurmulki masih turun memperkuat klub lamanya.
 
Sedangkan Farhan Halim dan seter Jasen turun di klub baru Jakarta STIN BIN. Demikian pula di klub baru Jakarta Bhayangkara Presisi terdapat nama Rendy Tamamilang dan Nizar Zulfikar.
 
Sedangkan di sektor putri, nama pemain asal Jawa Barat, Yolla Yuliana yang sebelumnya tergabung di Bandung Bank bjb Tandamata, kini terdaftar di Jakarta Pertamina Fastron. Sementara Wilda Siti Nurfadillah dan MVP Proliga 2022 Nandita Ayu tetap terdaftar di Bank bjb.
 
"Daftar nama 16 pemain nantinya dilengkapi menjelang dimulainya Proliga di Bandung," kata Hanny yang juga Ketua III Bidang Pertandingan dan Kompetisi PP. PBVSI.
 
Keputusan lainnya, kick off Proliga 2023 akan dilakukan pada 30 Desember 2022 mendatang di Jakarta.
 
Selain itu, Hanny juga mengimbau kepada pemain lokal dan ofisial dari setiap tim agar melengkapi persyaratan seperti KTP, foto untuk IDcard dan vaksin 1, 2 dan boster 1 sebelum Proliga 2023 dimulai.
 
"Itu syarat untuk pemain lokal dan ofisial lokal. Sedang untuk pemain asing harus menyertakan Kitas (Kartu Ijin Tinggal Sementara) dan ITC (International Transfer Certificate). Untuk pelatih asing hanya menyertakan Kitas," pungkas Hanny.

Baca juga: Jadwal dan lokasi pertandingan Proliga 2023

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022