Karena kebijakan moneter berjalan lambat, kami masih belum mengetahui efek penuh dari tindakan pengetatan BoE sejauh ini.
Manchester (ANTARA) - Kenaikan suku bunga kesembilan berturut-turut oleh bank sentral Inggris (BoE) tampaknya menjadi kesimpulan yang tidak dapat dielakkan pada Kamis, dan investor akan mencari petunjuk tentang berapa banyak lagi yang akan dibutuhkan dengan ekonomi yang meluncur ke dalam resesi tetapi inflasi masih di atas 10 persen.

Komite Kebijakan Moneter (MPC) telah menghadapi berita ekonomi yang menggembirakan dan mengkhawatirkan sejak mayoritas memilih pada awal November untuk menaikkan suku sebesar 0,75 poin persentase, kenaikan terbesar sejak 1989.

Harga konsumen bulan lalu naik kurang dari yang diperkirakan BoE, menurut data yang diterbitkan pada Rabu (14/12/2022), dan survei bisnis telah menunjukkan memudarnya momentum dalam perekonomian.

Tetapi upah pokok tumbuh pada laju tercepat setidaknya sejak 2001, tidak termasuk periode pandemi, menurut angka yang dirilis pada Selasa (13/12/2022) - mungkin mengkhawatirkan para pejabat yang melihat risiko inflasi lebih besar tertanam.

Baca juga: Fed AS naikkan suku bunga 50 basis poin ke tertinggi dalam 15 tahun

Perekonomian Inggris tampaknya akan menjadi pemain terlemah di antara negara-negara Kelompok Tujuh (G7) pada 2023, menurut Organisasi untuk Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan (OECD).

Sementara itu pound telah menguat selama sebulan terakhir, masalah inflasi negara diperparah oleh kekurangan pekerja yang akut untuk mengisi lowongan, membuat BoE menghadapi tindakan penyeimbangan yang sulit.

Sebagian besar dari 54 ekonom yang disurvei oleh Reuters pekan lalu memperkirakan kenaikan suku bunga sebesar 0,5 poin persentase, yang akan membawanya ke level tertinggi 14 tahun sebesar 3,5 persen.

Sebagian besar investor setuju meskipun pasar keuangan memberikan peluang sekitar 25 persen untuk kenaikan 0,75 poin persentase lagi.

Pengumuman kebijakan BoE, yang dijadwalkan pada pukul 12.00 GMT, terjadi beberapa jam setelah Federal Reserve AS pada Rabu (14/12/2022) menaikkan suku bunga setengah poin persentase dan mengisyaratkan lebih banyak kenaikan biaya pinjaman pada akhir 2023.

Sementara jajak pendapat Reuters menyatakan suku bunga BoE akan mencapai puncaknya di 4,25 persen pada pertengahan 2023, ada berbagai perkiraan di kedua sisi median tersebut – perpecahan yang tampaknya tercermin dalam MPC.

Penentu suku bunga terbaru BoE Swati Dhingra mengatakan awal bulan ini bahwa suku bunga yang lebih tinggi dapat menyebabkan resesi yang lebih dalam dan lebih lama, menambahkan ada beberapa tanda bahwa tuntutan upah yang lebih tinggi berisiko memicu spiral harga upah.

Di ujung lain spektrum, Catherine Mann mengatakan bulan lalu bahwa dia pikir inflasi akan berakhir "jauh" lebih tinggi dari perkiraan BoE yang akan turun di bawah target 2,0 persen dalam waktu dua tahun.

Kisaran pandangan-pandangan mencerminkan ketidakpastian tidak hanya tentang prospek ekonomi pada 2023, tetapi juga efek dari kenaikan suku bunga sejak Desember tahun lalu, ketika BoE pertama kali menaikkan Bank Rate dari 0,1 persen.

"Karena kebijakan moneter berjalan lambat, kami masih belum mengetahui efek penuh dari tindakan pengetatan BoE sejauh ini," kata Kallum Pickering, seorang ekonom di Berenberg Bank.

"Setelah mendaki lagi besok, mungkin masuk akal bagi pembuat kebijakan untuk mundur dan berhenti sejenak sampai menjadi jelas apakah masih ada masalah inflasi mendasar yang serius di Inggris."

Baca juga: Powell: Pertempuran inflasi belum menang, akan banyak kenaikan bunga

BoE mengatakan kekurangan tenaga kerja serta gesekan perdagangan dan migrasi karena Brexit telah membantu mendorong harga di atas lonjakan besar harga energi yang disebabkan oleh invasi Rusia ke Ukraina.

Tingkat tahunan inflasi harga konsumen turun menjadi 10,7 persen pada November dari 11,1 persen pada Oktober, tingkat yang lebih rendah dari perkiraan BoE pada bulan lalu.

Tetapi inflasi sektor jasa - yang menurut beberapa pejabat BoE mencerminkan tekanan upah yang diteruskan oleh perusahaan-perusahaan - bertahan di level tertinggi 30 tahun pada Oktober sebesar 6,3 persen.

"Pertumbuhan upah, penentu utama inflasi jasa, sekitar 6,0 persen, dua kali lipat dari tingkat yang diperkirakan konsisten dengan target inflasi bank sentral 2,0 persen," kata Gurpreet Gill, ahli strategi makro global di Goldman Sachs Asset Management.

"Kami pikir bank sentral akan memilih kenaikan lebih lanjut pada paruh pertama 2023, sampai inflasi menunjukkan momentum yang berkurang."

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022