Jakarta (ANTARA) - Peritel kesehatan dan kecantikan internasional AS Watson mengumumkan telah melakukan 5.000 operasi korektif kepada anak dengan bibir sumbing di seluruh dunia melalui kemitraannya dengan Operation Smile.

Baca juga: Dokter sebut pentingnya tahapan operasi bibir sumbing sesuai waktunya

Sejalan dengan operasi itu, perusahaan juga meluncurkan program "Women in Medicine", yakni program pendidikan kepada kalangan perempuan di bidang kedokteran dan perawatan kesehatan.

"Di AS Watson, kami tidak hanya berkomitmen untuk memberikan senyum di wajah pelanggan kami hari ini dan besok, tetapi juga pada orang-orang yang membutuhkan bantuan," kata CEO AS Watson (Asia & Eropa) Malina Ngai dalam siaran resmi, Kamis.

"Itulah mengapa kami bermitra dengan Operation Smile untuk meluncurkan program komunitas global pertama kami "Give a Smile" pada tahun 2018 untuk meningkatkan kesadaran dan dana bagi anak-anak yang lahir dengan celah langit-langit atau bibir sumbing, memberi mereka senyum baru yang indah dan harapan segar melalui operasi yang dapat menciptakan perubahan hidup," kata Malina Ngai.

Ia menjelaskan, perusahaan juga bekerja sama dengan Operation Smile untuk program "Women in Medicine" yang bertujuan untuk mendidik wanita dari negara berkembang tentang praktik dan spesialisasi medis tingkat lanjut, memberdayakan agar menjadi pemimpin pengobatan global, memperluas peluang petugas kesehatan wanita di komunitas yang kurang terlayani, dan meningkatkan kualitas perawatan bibir sumbing.

"Kami percaya program Women in Medicine akan memungkinkan wanita untuk memainkan peran yang lebih utama dalam bidang kedokteran dan kesehatan, menginspirasi mereka untuk menjadi lebih percaya diri dan profesional," kata dia.

Kathleen Magee, Co-founder dan President of Operation Smile menambahkan, "Kami menghargai dukungan luar biasa dari AS Watson untuk program Women in Medicine, dan memberikan lebih banyak senyuman kepada anak-anak yang menderita bibir sumbing atau celah langit-langit melalui program 'Give a Smile' di seluruh dunia.”

Program Women in Medicine pertama kali diluncurkan di Watsons Filipina yang merupakan program bedah dan pendidikan internasional yang semuanya perempuan.

Tim multinasional itu terdiri dari 13 negara berbeda yang selama satu hari memberikan pendidikan tentang peran perempuan dalam kesehatan global, diikuti lima hari tindakan operasi gratis pada anak-anak dengan kondisi bibir sumbing.


Baca juga: Watsons gelar program operasi bibir sumbing gratis "Give a Smile"

Baca juga: Smile Train Indonesia berikan 100.000 operasi bibir sumbing

Baca juga: IDI operasi bibir sumbing gratis puluhan anak di OKU Selatan

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022