Coba dipelajari agar kita bisa melihat kemajuan kita bekerja. Pemerintah sudah memberi banyak program dan dukungan anggaran untuk UMKM, tapi masyarakat belum merasa cukup, ini menjadi PR kita bersama
Jakarta (ANTARA) - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mendorong agar Pusat Investasi Pemerintah (PIP) membuat usaha mikro yang disalurkan pembiayaan dapat naik kelas menjadi usaha kecil yang dapat mengakses pembiayaan dari perbankan.

“Saya minta kepada PIP agar dilakukan kerja sama dengan Himbara (Himpunan Bank Negara) dan pihak yang lain sehingga UMKM, terutama ultra mikro, yang lulus dari program pelatihan PIP dan sudah bankable, bisa mendapatkan KUR (Kredit Usaha Rakyat),” kata Sri Mulyani dalam Festival UMi 2022 yang dipantau di Jakarta, Kamis.

Menurutnya pemerintah terus mendukung UMKM naik kelas tidak hanya melalui pembiayaan UMi dari PIP yang mencapai lebih dari Rp24 triliun sejak 2017 untuk lebih dari 6,9 juta penerima, tapi juga melalui program dari berbagai kementerian dan lembaga.

“Pemerintah juga memberikan dukungan melalui KUR dengan nilai lebih dari Rp300 triliun yang disalurkan melalui perbankan terutama Himbara,” katanya.

Penyaluran pembiayaan tersebut menutup kebutuhan UMKM terhadap permodalan dengan suku bunga rendah. Namun UMKM juga membutuhkan bantuan pendampingan untuk dapat naik kelas.

Ia pun meminta agar program PIP termasuk penyaluran UMi tidak sekadar menjadi tambahan program pengembangan UMKM dari pemerintah yang tidak berbeda dengan program kementerian dan lembaga lain.

“Kalau sama, kenapa harus tetap dijalankan. Kalau beda, bedanya dimana dan mengapa perbedaan itu baik. Sinergi dengan kementerian dan lain juga perlu dipikirkan bagaimana caranya,” katanya.

Sinergi dengan pelaku usaha swasta yang besar seperti Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) juga perlu diteruskan oleh PIP untuk mempelajari bagaimana program pelatihan dan pendampingan bagi UMKM dapat berjalan lebih efektif.

“Coba dipelajari agar kita bisa melihat kemajuan kita bekerja. Pemerintah sudah memberi banyak program dan dukungan anggaran untuk UMKM, tapi masyarakat belum merasa cukup, ini menjadi PR kita bersama,” ucapnya.

Baca juga: Erick Thohir luncurkan pendanaan bagi usaha mikro dan kecil
Baca juga: 620 usaha mikro "naik kelas" jadi usaha kecil berkat UMKM Juara Jabar
Baca juga: KNEKS terus dorong UMKM naik kelas dan bersaing di tingkat global

 

Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022