Sumatera Utara (ANTARA) - Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara mencatat sebanyak 4.175.520 penduduk di daerah tersebut telah divaksinasi COVID-19 dosis ketiga atau penguat hingga Jumat.
 
"Sebanyak 4,17 juta lebih orang yang telah divaksinasi dosis ketiga itu dari sasaran vaksinasi berjumlah 14.799.361 orang," kata Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) Dinas Kesehatan Sumut dr Nora Nasution melalui keterangan tertulis yang diterima di Medan, Jumat.

Baca juga: Penerima dosis ketiga capai 67,66 juta jiwa penduduk Indonesia
 
Sementara itu, jumlah penduduk yang telah mendapat suntikan vaksin dosis kedua sebanyak 9.857.479 orang dan dosis pertama telah menjangkau 11.191.601 orang.
 
Nora mengimbau masyarakat yang sudah menjalani vaksinasi COVID-19 agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi.

Baca juga: IDI minta masyarakat segera vaksin ketiga di tengah peningkatan kasus
 
Dengan disiplin protokol kesehatan diharapkan dapat mengurangi penularan COVID-19, serta menjadi salah satu upaya untuk mengendalikan atau menurunkan kurva kasus COVID-19.
 
Ia juga memastikan pemberian vaksin di wilayah Sumatera Utara terus berjalan secara maksimal demi menjaga kekebalan tubuh agar terhindar dari COVID-19.

Baca juga: Kemenkes sebut vaksin COVID-19 masih efektif tangkal varian baru
 
Upaya percepatan vaksinasi COVID-19 dilakukan dengan berkolaborasi bersama aparat TNI dan Polri maupun pihak swasta.

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022