Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan membangun sebuah taman di Jalan Jagakarsa Raya, RT 01/02, Ciganjur, Jagakarsa, sebagai bagian dari penataan kawasan, penghijauan dan memperindah lingkungan.

"Saat ini pengerjaan penataan kawasan tinggal penanaman, memperbanyak tanaman dan perapihan oleh Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU)," kata Lurah Ciganjur, Yuyun Yanaenah dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Yuyun menuturkan penataan kawasan ini dilakukan dengan membuat taman unggulan berukuran 50 meter persegi (m2) agar lingkungan menjadi lebih bersih, hijau dan indah untuk didatangi warga.

Selain itu, pihaknya juga melakukan sosialisasi untuk menertibkan keberadaan Pedagang Kaki Lima (PKL) di lokasi tersebut.

"Penataan kawasan di lokasi itu telah dilakukan sejak tiga bulan lalu dengan terlebih dahulu melakukan penertiban PKL sesuai arahan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta," katanya.

Baca juga: Pemkot Jaksel lakukan program penataan di lima lokasi Mampang Prapatan
Baca juga: Pemkot Jaksel tambah taman dan jalur hijau di Pesanggrahan

Penataan kawasan yang dilakukan dengan menanam puluhan pohon, tanam hias serta memasang balok beton dan beton pracetak (kanstin).

"Tembok juga digambar mural oleh PPSU dengan cat warna-warni dengan berbagai jenis gambar hingga jadi cerah dan indah," katanya.

Salah satu warga RT 01/02, Mursan mengapresiasi penataan yang dulunya ditempati PKL dan dijadikan tempat parkir sehingga membuat kawasan jadi kumuh dan kotor.

"Dengan ditatanya kawasan itu sekarang sudah tertib dan warga sepakat akan membantu pihak kelurahan untuk menjaga kawasan tersebut," ujar Mursan.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan menanam lebih banyak pohon dalam program penataan kawasan Jagakarsa dengan tujuan keindahan, penghijauan, pengurangan emisi karbon dan untuk jangka panjangnya mencegah banjir.

“Kami tanam di enam titik kelurahan di Kecamatan Jagakarsa,” kata Camat Jagakarsa Santoso yang optimis program penataan kawasan di wilayahnya bisa selesai pada akhir tahun 2022.
 

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022