Jakarta (ANTARA) - Aktivitas berbelanja online semakin lekat pada masyarakat lantaran pandemi dua tahun belakangan yang membatasi aktivitas sehari-hari.

Meski pun aktivitas masyarakat sudah hampir kembali seperti sebelum pandemi, Direktur Eksekutif Lazada Indonesia Ferry Kusnowo menilai berbelanja online adalah sesuatu yang normal untuk sekarang.

Teknologi terus berkembang, begitu juga dengan cara dan kebiasaan saat berbelanja online. Untuk itu, Lazada memberikan sejumlah tips menjadi pembeli yang cerdas supaya pengalaman berbelanja online bisa berjalan lancar.

Ketika membuat akun, tulis alamat pengantaran dengan lengkap supaya barang bisa sampai ke tempat tujuan. Hindari mengisi kolom alamat, misalnya dengan "rumah warna biru dekat sungai" tanpa menyebutkan alamat yang lengkap.

Saat memilih barang, baca dengan teliti deskripsi produk apakah misalnya konsumen harus memilih warna atau ukuran. Demi kebutuhan visual, ada kalanya penjual mengunggah beberapa produk dalam satu gambar, misalnya sekotak cokelat batangan.

Agar sesuai harapan, cermati dan jangan ragu bertanya apakah harga yang tertera untuk satu barang atau sekotak sekaligus.

Sebelum membayar, pertimbangan metode pembayaran yang paling sesuai kebutuhan. Jika memutuskan menggunakan bayar langsung saat barang sampai, alias cash on delivery (COD), pastikan ada orang di rumah untuk membayar paket belanja.

Terakhir, jika barang tidak sesuai dengan pesanan, ajukan protes kepada penjual, bukan kurir. Sebaliknya, tanyakan ke pihak logistik ketika pengiriman terkendala.



Baca juga: Cara efektif dongkrak penjualan saat festival belanja

Baca juga: Belanja online aman jelang Natal, lakukan tujuh hal ini

Baca juga: Tiga strategi UMKM untuk maksimalkan peluang di bulan Ramadhan

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022