Jakarta (ANTARA) - Gelandang veteran Sergio Busquets pada Jumat mengumumkan pensiun dari tim nasional Spanyol. Dia memutuskan pensiun dari sepak bola internasional setelah negaranya tersingkir dari Piala Dunia 2022.

"Saya ingin mengumumkan bahwa setelah hampir 15 tahun dan 143 pertandingan, saatnya telah tiba untuk mengucapkan selamat tinggal kepada tim nasional," tulis gelandang Barcelona berusia 34 tahun itu di akun media sosial-nya yang dikutip AFP.

Busquets adalah anggota terakhir timnas (juara dunia) 2010 yang mundur dari sepak bola internasional. Dia juga bagian dari tim yang mengangkat gelar Piala Eropa (EURO) 2012.

Baca juga: Sergio Busquets: Franck Kessie akan gabung Barcelona musim depan

Busquets adalah kapten timnas Spanyol untuk Piala Dunia 2022. Hanya rekan satu timnya di tahun 2010 yaitu Iker Casillas (167) dan Sergio Ramos (180) yang memiliki penampilan lebih banyak bersama La Roja.

"Merupakan suatu kehormatan untuk mewakili tim nasional dan membantu mengangkatnya lebih tinggi, menjadi juara Eropa dan Dunia. Menjadi kapten dan telah memainkan begitu banyak pertandingan dengan tingkat kesuksesan tertentu dan selalu berusaha melakukan yang terbaik." tulis Busquets.

Melakukan debutnya di bawah Vicente del Bosque pada tahun 2009, Busquets akan membentuk kemitraan yang sukses dengan Xabi Alonso di lini tengah Spanyol. Dia menjadi bagian dari tim ikonis Spanyol yang mendominasi sepak bola internasional selama empat tahun dari 2009 sampai 2012.

Baca juga: Barcelona dikabarkan telah jalin kesepakatan dengan Carlos Soler

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022