Kami berharap kerja sama hilirisasi lada putih berbasis teknologi ini dapat meningkatkan nilai ekonomi lada masyarakat.
Pangkalpinang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bersama Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA-ITB) bekerja sama meningkatkan hilirisasi lada putih untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di Negeri Serumpun Sebalai itu.

"Kami berharap kerja sama hilirisasi lada putih berbasis teknologi ini dapat meningkatkan nilai ekonomi lada masyarakat," kata Penjabat Gubernur Kepulauan Babel Ridwan Djamaluddin di Pangkalpinang, Sabtu.

Ia mengatakan nota kerja sama hilirisasi lada putih  ditandatangani Ketua Umum IA ITB Gembang Primadjaja pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dan Kongres Luar Biasa (KLB) IA-ITB 2022 di Gedung Graha PT Timah Tbk Kota Pangkalpinang.

Baca juga: LPEI tingkatkan peluang ekspor lada Sambas melalui Desa Devisa

"Selama ini lada putih ini dijual petani dalam bentuk butiran, melalui kerja sama dengan IA-ITB ini lada akan diolah dan dijual dalam bentuk bubuk," ujarnya.

Menurut dia hilirisasi ini merupakan kebijakan pemerintah dalam meningkatkan nilai tambah hasil perkebunan lada putih dan sumber daya alam lainnya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Saya berharap Rakernas KLB IA ITB tahun ini lebih difokuskan pemberdayaan UMKM, namun aspek pentingnya adalah teknologi berdaya supaya UMKM dan petani naik kelas," ujarnya.

Ia menyatakan kerja sama hilirisasi lada putih ini  segera direalisasikan lebih jauh, untuk meningkatkan ekonomi pelaku UMKM dan petani lada putih di daerah ini.

"Ini merupakan hal yang bagus dan nanti tidak hanya hilirisasi lada putih tetapi juga komoditas unggulan lainnya untuk dikembangkan dengan memanfaatkan teknologi," katanya.

Baca juga: Kementan dorong pengembangan industri hilir lada di Bangka Tengah

Ketua Umum IA ITB Gembang Primadjaja mengatakan IA ITB ingin membangun potensi baru di sektor pengembangan produk UMKM dan hasil perkebunan khas Babel berbasis teknologi.

"Kami ingin bisa membantu pemerintah daerah dalam memberdayakan sumber daya manusia dan ekonomi untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat," ujarnya. 

Pewarta: Aprionis
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022