Jakarta (ANTARA News) - Menteri Perdagangan RI Gita Wirjawan akan bertolak ke Far Eastern Federal University (FEFU), Pulau Russky, Vladivostok, Rusia, pada 5 - 6 September 2012 untuk menghadiri Pertemuan Setingkat Menteri APEC (AMM).

Pertemuan tersebut mengusung tema "Innovate to Grow, Integrate to Prosper".

Menurut pernyataan tertulis dari Kementerian Perdagangan kepada ANTARA di Jakarta, Selasa, sejumlah agenda yang akan dibahas dalam pertemuan tersebut antara lain berhubungan dengan ketahanan pangan dari aspek perdagangan dan investasi serta peningkatan kerja sama persiapan tanggap darurat dan daya tahan kawasan.

Selain itu, dukungan terhadap Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) dalam menyelesaikan perundingan Putaran Doha serta percepatan integrasi ekonomi regional, pengembangan konektivitas, penyederhanaan regulasi dan upaya mewujudkan pertumbuhan berbasis inovasi yang bertumpu pada sumber daya manusia juga menjadi topik pembicaraan dalam pertemuan.

"Agenda penting lain yang akan disampaikan oleh Mendag Gita Wirjawan di AMM adalah informasi terkait kesiapan Indonesia pada pertemuan APEC 2013," demikian pernyataan tertulis tersebut.

Pada 2013 Indonesia kembali menjadi tuan rumah APEC --pada 1994 juga menjadi penyelenggara APEC yang menghasilkan Bogor Goals 2010/2020 sebagai tolak ukur kerja sama APEC yang digunakan hingga saat ini.

Gita juga dijadwalkan melakukan pertemuan bilateral dengan beberapa pejabat yang terdiri dari Wakil Menteri Luar Negeri Bidang Pertumbuhan Ekonomi, Energi dan Lingkungan AS Robert D. Hormats, Menteri Bidang Ekonomi Taiwan Yen-Shiang Shih, dan Menteri Perdagangan serta Pertumbuhan Ekonomi Gregory So Kam-leung.

"Mendag juga akan mendampingi Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono dalam Pertemuan Para Pemimpin Ekonomi APEC (AELM) yang akan diselenggarakan pada 8 - 9 September 2012 di FEFU, Russky Island, Vladivostok, Rusia," jelas rilis.

Perhelatan AMM dan AELM merupakan bagian dari rangkaian acara puncak pertemuan sejumlah anggota ekonomi APEC pada 2012 (APEC Economic Leaders` Week 2012) yang akan digelar selama satu pekan sejak tanggal 2 September hingga 9 September 2012.

Kerjasama ekonomi Asia Pasifik (APEC) merupakan wadah kerja sama ekonomi yang penting bagi Indonesia karena sembilan dari sepuluh mitra dagang terbesar Indonesia merupakan anggota ekonomi APEC.

Sedangkan pada 2011, ekspor Indonesia ke ekonomi-ekonomi APEC mencapai 149,89 miliar dolar AS atau 73,6% dari total ekspor Indonesia ke dunia.

Sementara itu, total nilai perdagangan Indonesia dengan para anggota ekonomi APEC pada tahun yang sama tercatat hampir mencapai 290 miliar dolar AS.

Sejumlah anggota APEC terdiri dari 21 negara yaitu Australia, Brunei Darussalam, Kanada, Indonesia, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Selandia Baru, Filipina, Singapura, Thailand, Amerika Serikat, Hong Kong, Taiwan, Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Meksiko, Papua New Guinea, Chili, Peru, Rusia dan Viet Nam. ***2***

(B019)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2012